Kepala Badan BAPPELITBANGDA Kab. Mahakam Ulu Sekda Kab. Mahakam Ulu Bupati dan Wakil Kab. Mahakam Ulu
Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Yuk Simak Pentingnya Satelit Palapa

steven99     10/08/2019 - 23:24 PM     236x     0

Di jaman digital seperti saat ini, technologi kabar serta komunikasi menggenggam manfaat yg penting untuk perubahan satu bangsa, ditambah lagi dunia masuk revolusi 4. 0.

Technologi kabar serta komunikasi atau TIK tak terlepas dari kehadiran satelit, tanpa ada satelit bakal kemungkinannya kecil hal semacam itu semua berlangsung. Lebih-lebih dengan tipikal negara seperti Indonesia yg punyai belasan ribu pulau serta terpisah dengan lautan serta jarak yg demikian jauh.

Satelit domestik dapat merangkum jarak komunikasi antar tempat di Indonesia yg sangat luas wilayahnya. Mendekati kemerdekaan, satu soal yg tak bisa dilupakan ialah kehadiran Satelit Palapa, wahana pertama penyambung komunikasi di nusantara.

Simak Juga : komunikasi bisnis

“Satelit Palapa penting. Tanpa ada Palapa, kita akan tidak punyai penyiaran yg jangkauannya nasional, ” kata aktivis Penggabungan Nasional Reformasi Penyiaran (KNRP) Muhammad Heychael.

Semangat dari sumpah Palapa itu yg diambil oleh Presiden Soeharto saat pada 8 Juli 1976 Indonesia mengeluarkan Satelit Palapa A1. Satelit itu dikeluarkan dari Kennedy Ruang Center, Tanjung Canaveral, Amerika Serikat, serta dilepaskan di atas Samudera Hindia pada 83 derajat Bujur Timur.

Indonesia ialah negara ke-tiga di dunia yg punyai satelit, selesai Kanada serta Amerika Serikat. Kedatangan satelit Palapa turut menambah harga diri bangsa Indonesa di mata dunia Internasional.

" Indonesia jadi negara yg diakui dengan cara technologi komunikasi untuk masalah domestik. Satelit Palapa sukses mendekatkan jarak antar daerah, antar pulau, dengan berbasiskan komunikasi, " katanya.

Untuk Presiden RI ke-2 HM Soeharto, peluncuran satelit Palapa pula jadi tonggak penting di jaman pembangunan nasional yg ia gerakkan. Ini membuktikan kesuksesan perekonomian Indonesia waktu itu.

" Dengan satelit, apa yg berlangsung di daerah Papua, waktu itu juga dapat dibuka oleh mereka yg tinggal di Jakarta serta kota-kota yang lain, " imbuhnya.

Dengan dekatnya “jarak” itu, jadi tiap ada kesulitan, akan dapat secepat-cepatnya dapat diambil beberapa langkah penyelesaiannya, tak perlu menanti berjam-jam, beberapa hari untuk memperoleh infonya yg valid.

Bahkan juga, kata Heychael, gagasan serta obyek periode panjang Pak Harto waktu itu sangatlah jelas serta terarah, yakni bangun basis yg dapat memberikan pesan pembangunan dengan cara nasional.

“Kalau kita merujuk pada Philip Kitley dalam bukunya Konstruksi Budaya Bangsa di Monitor Kaca, itu peranan TVRI. Ia bekerja mengalih formatkan pendidikan akhlak pancasila Orde Baru ke dalam penyiaran, ” ujarnya.

Artikel Terkait : alat komunikasi

Kedatangan satelit Palapa sudah mendukung TVRI dapat mengudara serta mencapai pemirsanya dari Sabang sampai Merauke. Bukan sekedar TVRI yg diuntungkan, pascapeluncuran satelit Palapa, televisiswasta juga banyak muncul.

Dimotori oleh RCTI, SCTV, TPI, Indosiar, serta tv swasta yang lain. Untuk rakyat Indonesia, hadirya beberapa tv swasta memberi beberapa pilihan serta alternative. Demikian pula dengan jaringan radio, bukan cuma RRI, namun juga radio-radio swasta dapat mencapai jaringan ke banyak kota.


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini