Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Yuk Intip Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran

steven99     26/11/2019 - 06:00 AM     34x     0

Media sebagai suatu hal yang berwujud mengalirkan pesan serta bisa merangsang pemikiran, perasaan, serta kehendak siswa sampai-sampai bisa berlangsung proses belajar pada diri mereka.

Pemakaian media lewat cara efisien sangat mungkin siswa belajar lebih baik serta bisa menaikkan perform mereka sama dengan maksud yang bakal dijangkau. Rossi serta Briedle (1996) mengatakan media evaluasi merupakan semuanya alat serta bahan yang bisa digunakan buat maksud pendidikan, seperti radio, tv, buku, koran, majalah, dsb.

Simak Juga : gambar diagram batangKemajuan technologi kabar serta komunikasi bisa diperlukan jadi media evaluasi. Satu diantara hasil kemajuan technologi kabar serta komunikasi merupakan Internet. Kemajuan technologi kabar serta komunikasi yang kian sangat cepat tuntut seluruh pihak meningkatkan diri serta menyesuaikan dan menuruti arus dengan menggunakan technologi dalam semua pekerjaan.

Resiko kemajuan technologi ini berimbas juga pada proses evaluasi. Beberapa pendidik mesti dapat lakukan beragam pembaharuan serta kreatifitas biar proses evaluasi senantiasa berkaitan dengan kemajuan jaman. Evaluasi zaman ke-21 memang semestinya berbenah menuruti kemajuan technologi yang demikian sangat cepat, meneror, serta melindas, sampai siswa tambah cepat ketimbang guru. Kekuatan ini bila diperlukan secara baik sebenarnya bukan bahaya.

Kita semestinya mengetahui makna 4C, yakni comunicative, collaborative, critical thingking and permasalahan solving, creative, buat evaluasi kontemporer dibarengi potensi literasi serta pekerjaan evaluasi berbasiskan siswa. Buat sejumlah guru, ini benar-benar menyusahkan sewaktu mesti terinternalisasi dalam evaluasi di kelas.

Media Evaluasi

Pembaharuan serta kreatifitas yang bisa dijalankan pendidik satu diantaranya dengan memakai technologi kabar jadi media evaluasi. Media evaluasi yang terpadu dalam technologi kabar bisa menjadi daya tarik serta menghidupkan hasrat belajar peserta didik.

Satu diantara hasil kemajuan technologi kabar yang bisa jadikan media evaluasi yang menyenangkan merupakan video situs atau vlog. Vlog sebagai media komunikasi serta kabar berbasiskan video serta website yang mengolaborasikan kreatifitas, kabar, serta hiburan pada suatu hasil karya.

Vlog yang selanjutnya dikatakan V-blogging sebagai suatu wujud aktivitas. Vlog sebagai satu diantara layanan media berbasiskan Intenet yang memakai video jadi medium pengutaraan pesan di atas teks serta audio jadi sumber penting.

Vlog mulai diketahui orang luas semenjak 2015 tapi sesungguhnya vlog telah ada mulai sejak dikenalnya situs pada 2005. Vlog bisa menggunakan handphone memiliki kamera, handycam, camera yang diperlengkapi mikrofon serta ambil adegan pada momen atau insiden sama dengan kepentingan kabar yang bakal diungkapkan dengan waktu spesifik.

Artikel Terkait : akar akar persamaan kuadrat

Proses evaluasi matematika di SD Muhammadiyah Program Pribadi Kota Barat, Solo, diperlengkapi pembaharuan serta kreatifitas. Satu diantara contoh pada evaluasi di kelas V pada kompetensi fundamen materi membaca serta menyediakan data menggunakan media vlog jadi fasilitas pembalajaran.

Dalam evaluasi ini, siswa terkait dalam sekumpulan. Dalam kurun waktu 30 menit dikasih pekerjaan mengawasi serta mencatat dengan cara langsung banyaknya serta model kendaraan yang melitas di jalan raya. Ini dijalankan pada evaluasi ke-1. Tempat yang di ambil salah satunya ruas Jl. dr. Moewardi di muka Masjid Kota Barat, Solo ; Jl. Slamet Riyadi, yang pasti depan RS DKT ; Jl. Adisucipto, yang pasti depan SMK N 4 Solo ; serta Jl. Ahmad Yani, yang pasti depan Tempat Kodim Solo.

Diagram Batang

Pada evaluasi ke-2, tiap golongan merundingkan hasil penilaian serta pendataan diteruskan menyediakan hasil dengan diagram batang pada kertas karton yang disediakan oleh anggota golongan.

Pengerjaan diagram batang diberikan pada kreatifitas semasing golongan. Semua golongan bisa menambahi pernik-pernik lainnya sampai-sampai penampilan diagram batang banyak ragam. Pada evaluasi ke-3 tiap golongan mempresentasikan diagram batang dengan memakai vlog.

Sejumlah golongan memakai pertolongan telpon pegang serta juga ada yang memakai pertolongan camera jadi perekam video. Hasil rekaman semasing golongan disunting oleh siswa sendiri lewat cara mandiri serta dapat diselesaikan di dalam rumah seandainya tidak usai diselesaikan pada saat evaluasi di sekolah.

Vlog semua golongan diupload di Instagram dengan sinyal pagar #sdmuhammadiyahpksolo serta #atmmatematika. Golongan yang memperoleh sinyal sukai paling banyak bakal memperoleh animo dari sekolah. Semua siswa benar-benar gairah serta mengusahakan mempromokan vlog karya mereka ke semua rekan sampai keluarga buat berperan serta serta memberikannya support sinyal sukai sebanyaknya.

Video Panduan

Guru menilainya hasil presentasi serta mencatat sinyal sukai yang diraih tiap golongan. Kecuali vlog, technologi kabar yang bisa jadikan jadi alternati media evaluasi yang menyenangkan siswa merupakan video panduan. Video panduan bisa dibikin oleh guru dengan sesuaikan materi.

Video itu kecuali jadi media evaluasi di kelas juga dapat jadikan video panduan jadi pekerjaan siswa di dalam rumah. Video panduan diupload di Youtube serta dapat di akses peserta didik. Video panduan sebagai media komunikasi serta kabar berbasiskan video lewat cara efisien serta efektif berupa pemberian instruksi, pertolongan, wejangan, serta motivasi pada peserta didik.

Wejangan bermakna memberikannya kabar mengenai trik belajar lewat cara efisien serta efektif. Instruksi bermakna mengarahkan peserta didik raih maksud semasing. Motivasi bermakna menggerakkan aktivitas peserta didik dalam mendalami materi, melaksanakan tugas-tugas, serta menuruti penilaian. Tuntunan bermakna menopang peserta didik pecahkan soal (Rusman, 2012) .

Penggunaan video toturial dapat dijalankan oleh guru dalam proses evaluasi ataupun pemberian pekerjaan di dalam rumah yang berwujud project. Pada saat berlibur misalnya, guru siapkan pekerjaan yang dapat diselesaikan siswa di dalam rumah.

Buat pekerjaan mata pelajaran Matematika, siswa diperintah memerhatikan vidoe panduan yang diupload di Youtube. Siswa memperoleh instruksi, pertolongan, serta wejangan lewat video itu serta guru minta orangtua buat mengikuti. Siswa diperintah menyatukan penyelesaikan pekerjaan kala masuk sekolah.

Dalam pengerjaan video panduan guru dapat memakai software Faststone Capture. Faststone Capture merupakan software yang sangat mungkin pemakai menyimpan bagan-bagan penting di monitor pc, seperti menyimpan gambar, merekam pekerjaan monitor pc, mengoreksi gambar, dan sebagainya.

Koneksitas Pengetahuan dengan Kehidupan

Software ini dapat menggunakan merekam pekerjaan monitor pc/laptop serta kita tinggal siapkan materi, semisalnya berbentuk Power Poin. Sesudah usai atau rekaman jadi dapat diupload di Youtube.

Revolusi Industri mewajibkan kita berexperimen serta kreatif atau tunggu tergerus lalu dipandang konvensional. Muatan pelajaran yang masih di ajarkan dengan skema atau sistim lama bakal bikin situasi kelas kurang aktif atau teacher center, jauh dari impian koneksitas pengetahuan dengan kehidupan.

Pembaharuan guru bukan cuma buat kebutuhan persaingan tapi mesti terbuat potensi kreatif buat siswa jadi sisi dari kompetensi potensi berpikir tingkat tinggi. Pembaharuan evaluasi harus jadi inserting learning process sampai-sampai terbentuk evaluasi yang meaningfull (berarti) .

Penggunaan vlog serta video panduan jadi pilihan media evaluasi yang terpadu dengan technologi. Guru terus-menerus inovatif serta kreatif pilih media evaluasi yang serasi dengan perkembangan technologi dan kemajuan jaman.

Media evaluasi yang terpadu dengan technologi jadikan evaluasi menggerakkan siswa aktif, kreatif, serta membahagiakan lewat cara individu ataupun golongan. Ruangan kelas jadi berarti buat siswa seandainya dirasa kemanfaatannya serta sama dengan kepentingan siswa. Belajar yang berarti satu diantaranya proses belajar yang berprioritas berikan peluang peserta didik bekerja sama-sama dengan orang lain.


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini