Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Usulan Kaltara Masuk Prioritas Nasional

juanda     18/12/2019 - 15:50 PM     32x     0

Pemerintah pusat terus memberi perhatian serius pada Propinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Kesempatan ini beberapa saran Pemprov Kaltara masuk ke Gagasan Pembangunan Periode Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.
Hal tersebut, dikatakan Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie waktu hadiri Musyawarah Gagasan Peningkatan (Musrenbang) Nasional 2019 di Istana Negara, Senin (16/12). Irianto mengutarakan tidak hanya masuk dalam RPJMN, beberapa saran pembangunan itu memperoleh prioritas. Dalam kata lain, Tubuh Rencana Pembangunan Nasional (Bappenas) mengutamakan project pembangunan itu untuk selekasnya ditangani pada 2020 akan datang.

“Jelang tutup tahun kita memperoleh berita bahagia, beberapa saran pembangunan dari Pemprov Kaltara diakomodasi. Serta memperoleh prioritas oleh pemerintah pusat dalam soal ini Bappenas,”jelas Irianto dibarengi Kepala Tubuh Rencana Pembangunan Wilayah, Riset serta Peningkatan (Bappeda-Litbang) Kaltara, Datu Iqra Ramadhan.

Gubernur mengutarakan, instruksi Presiden RI Joko Widodo ialah bagaimana peranan pemda dalam pembangunan infrastruktur. Baik itu, pemerintah propinsi atau pemerintah kabupaten/kota.

“Terlebih , proses perpindahan ibukota negara sekarang tengah berjalan. Jadi propinsi yang bersisihan dengan calon ibukota negara, Kaltara memiliki peranan strategis. Karenanya, beberapa saran kita masuk prioritas nasional,” jelas Irianto.

Pembukaan Musrenbang 2020-2024 sendiri didatangi langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Dalam peluang itu, Jokowi memperingatkan kembali program pemerintah yang perlu ditangani dalam lima tahun ke depan.

“Yang pertama jika kita selalu meneruskan nu amoorea pembangunan infrastruktur. Sebab kita ingin memperkokoh fondasi, dalam kita bersaing dengan beberapa negara lain,” katanya.

“Sesakit apa saja harus berani kita tahan supaya yang namanya pembangunan infrastruktur benar-benar selesai serta usai. Berarti lanjutan pembangunan infrastruktur masih kita kerjakan,” lanjut Jokowi.

Dia mengutarakan pemerintah ingin menyambungkan infrastruktur dengan lokasi industri sampai lokasi wisata yang berada di tiap wilayah. Siapa yang menyambungkan? Jokowi menyebutkan semuanya jadi pekerjaan pemerintah propinsi sampai pemerintah kabupaten/kota.

“Kalau tidak punya potensi di APBD, dapat konsultasi pada Menteri PUPR. Konsultasi. Kelak saya takutnya diasumsikan lain, semua bersama-sama konsultasi. APBD tidak dapat, ini yang bahaya,” tuturnya. Presiden Jokowi memberi pesan, supaya pembangunan infrastuktur bisa jadi konsentrasi wilayah.

Sudah diketahui, Propinsi Kalimantan Utara jadi satu diantara wilayah yang memutuskan APBD dengan pas waktu. Penentuan itu dikerjakan pada Bulan November kemarin.

Tidak itu saja, pada APBD 2020, Pemprov Kaltara kembali memiliki komitmen untuk penuhi service fundamen manusia. Contohnya, membagikan 20 % dari APBD untuk budget pendidikan. Pemprov membagikan 10,01 % untuk penuhi service kesehatan di luar berbelanja pegawainya.

“Berdasarkan laporan dari Tubuh Pengendalian Keuangan serta Asset (BPKAD) Kaltara, alokasi dana untuk pendidikan sebesar Rp 571 miliar, serta service kesehatan sebesar Rp 265 miliar,” ucap Gubernur.


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini