Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Tips Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat

positifsehat     22/11/2019 - 08:41 AM     50x     0

Mempunyai rambut yang sehat dan kuat, lebat adalah impian semua orang. Tetapi selalu saja ada hambatan di seperti rambut yang mudah rontok atau rambut yang mudah patah dan lama kelamaan akan menipis, dan pasti anda sedang mencari tahu apa solusi untuk bisa membuat rambut mu lebat kembali seperti dulu kala. Perlu kita ketahui kerontokan rambut pada umunya bersifat sementara, dan merupakan cara tubuh untuk menyesuaikan diri akibat pengaruh factor umur. Pertumbuhan rambut akan kembali normal seiring dengan proses pemulihan tubuh, biasanya dalam waktu 6 hingga 9 bulan.

Meskipun sejauh ini belum ad acara instan yang bisa membuat rambut kita menjadi lebat kembali dalam waktu instan, tetapi ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan rambut yang lebat dan sehat menggunakan bahan alami:

1. Mengonsumsi protein

Protein membantu rambut kita tumbuh dengan sehat dan membuatnya terlindung dari kerusakan akibat produk kimia dan polusi lingkungan. Kita bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, kacang-kacangan, yogourt dan makanan lainnya. Cara lainnya bisa juga kita merawat rambut kita dengan minyak kelapa, karena minyak kelapa membantu mengurangi protein rambut yang hilang saat sebelum maupun sesudah pencucian.

2. Menggunakan salep topikal

Penggunaan salep topical biasanya dikhususkan untuk orang yang mengalami kerontokan rambut yang parah. Karna penggunaan salep topical ini sangat efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Beberapa jenis salep topical yang biasanya digunakan:

  • Propecia
  • Melatonin topical dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan ketebalan rambut
  • Minoxidil topical 5 persen mampu memperlambat kerontokan rambut
  • Sampo ketoconazole

Penggunaan salep topical untuk menumbuhkan rambut sebaiknya dilakukan atas ajuran dokter. Kita bisa mengonsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mengecek riwayat kesehatan dan alergi sebelum akhirnya menggunakan produk ini.

3. Mengonsumsi Vitamin

Cara menumbuhkan rambut yang paling terjamin efektif adalah dengan memastikan kita makan makanan yang bergizi untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh rambut. Ada sebagian zat gizi didalam makanan yang bisa membantu mengurangi rambut rontok, seperti:

  • Omega 3 dan 6

Kacang-kacangan, seperti kenari dan kacang almond, ikan salmon, tuna, dan sarden. Buah dan sayuran hijau semisal alpukat dan bayam merupakan beberapa contoh sumber lemak omega-3. Sementara untuk omega-6 terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, almond dan mede.

  • B5 dan Biotin

Asupan biotin membantu memelihara rambut tetap sehat, kuat, tebal, dan halus bercahaya. Sumber makanan kaya biotin termasuk kuning telur, kacang-kacangan, keju, hingga ubi jalar. Kandungan biotin juga terdapat dalam bentuk suplemen.

  • Vitamin C

Vitamin C selain bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh, ternyata vitamin C juga dapat membantu menjaga kekuatan dan kilau alami rambut. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen rambut. Kita bisa mendapatkan asupan vitamin C dari buah-buahan, seperti jeruk dan nanas atau dari suplemen.

4. Menambahkan minyak esensial pada lapisan rambut

Sebuah penelitian menyatakan jika kita mencampurkan minyak biji labu dengan minyak jojoba dapat menumbuhkan rambut dengan cepat secara alami. Minyak esensial lainnya yang dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut yaitu minyak rosemary dan peppermint. Perlu diingat hindari meneteskan minyak esensial ke kulit secara langsung lebih baik kita kita mengercerkannya dengan minyak esensial lainnya seperti minyak zaitun atau minyak kemiri.

Minyak lainnya yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan melebatkan rambut adalah minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak jarak.

5. Mengonsumsi suplemen

Menurut para peneliti jika kita mengonsumsi 500gr suplemen yang mengandung keratin dan mineral lainnya mengalami peningkatan kualiatas kesehatan rambut seperti:

  • Menurunkan kerontokan rambut sebanyak 12,5%
  • Meningkatkan kekuatan rambut sebesar 5,9%
  • Meningkatkan kilau rambut

KLIK SELENGKAPNYA!


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini