Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Tips Menu Diet Sehat & Memilih Makanan

positifsehat     28/11/2019 - 10:20 AM     29x     0

Diet bisa diartikan juga sebagai menjaga pola makan bergizi dan seimbang untuk bisa menghasilkan banyak tujuan yang berbeda, tergantung dari masing-masing individu. Ada yang berdiet memang untuk menurunkan berat badan, menaikan berat badan, menjaga kesehatan, atau memulihkan kesehatan setelah sakit.

Nah berikut adalah pilihan menu diet sehat yang dapat kamu lakukan selama menjalani diet sehat, beberapa contoh dibawah ini mungkin bisa menjadi referensi untuk kamu.

1.     Putih Telur

Kita ketahui biasanya putih telur dikonsumsi oleh para binaragawan sebagai menu diet atau asupan protein untuk tubuh mereka karna tinggi protein namun rendah lemak sehingga akan sangat cocok juga untuk dijadikan sebagai makanan diet sehat. Bahkan satu porsi putih telur besar mengandung 3,6 gram protein sementara kuning telor mengandung 2,7 gram.

Protein yang ditemukan dalam putih telur adalah protein kompleks yang berkualitas tinggi. Protein kompleks sendiri mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Ditambah lagi makan diet sehat ini tidak punya nilai indeks glikemik karna tak memiliki kandungan karbohidrat. Namun ingat! Kita harus mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan sesuai kebutuhan, dan untuk menambah citra rasa variasikan putih telur dengan menu diet sehat lainnya agar asupan anda tetap terpenuhi.

2. Brokoli

Semua orang pasti sudah mengetahui tentang brokoli, brokoli bisa kita andalkan sebagai salah satu makanan diet sehat. Hal ini karena brokoli rendah kalori namun kaya akan vitamin, serat, serta mineral. Bisa kita bayangkan satu gelas yang penuh dengan potongan brokoli hanya mengandung 30 kalori saja. Sementara untuk kandungan serat brokoli memiliki serat sebanyak 5 gram yang dapat membantu kita kenyang seharian.

Tidak hanya itu ternyata brokoli juga dapat membantu mengatur kadar gula dalam di dalam tubuh kita.

3. Ikan

Selain berbagai jenis makanan yang sudah disebutkan diatas, kita juga dapat mengonsumsi ikan sebagai makanan diet sehat. Kandungan lemak pada ikan baik omega-3 dalam ikan dapat membantu kita menurunkan berat badan. Biasanya lemak ikan ini ada didalam jenis ikan perairan laut dalm seperti salmon, tuna, dan san makarel.

Selain itu juga ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan dimalam hari cenderung terbiasa makan lebih sedikit keesokan harinya ketimbang orang yang makan daging, dan untuk mengonsumsi ikan ini usahakan ikan tidak digoreng karna tambahan minyak justru akan menyumbang lebih banyak lemak di tubuh anda.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu jenis makanan yang paling sering dikonsumsi saat diet. Hal ini karena oatmel termasuk jenis makanan yang mengandung serat tinggi dan memiliki kandungan glikemik yang rendah.

Oatmel juga mengandung banyak protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 dalam oatmel juga berfungsi untuk menghasilkan energi sehingga membuat kita tetap semangat untuk menjalani aktivitas kita. Untuk menu sarapan program diet sehat oatmeal bisa jadi pilihan yang tepat.

5. Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang paling banyak disukai orang ketika sedang melakukan program diet. Buah apel ini memiliki kandungan zat gizi yang baik dan mampu membantu usaha kita dalam menurunkan berat badan. Satu buah apel beratnya rata-rata 100 gram diketahui mengandung 95 kalori. Yang sebagian besarnya berasal dari kandungan karbohidrat di dalamnya dan buah apel ini bebas lemak,natrium, dan kolesterol. Buah ini juga kaya akan air dengan mengandung 86% kandungan apel adalah air.

Sementara serat yang terkandung di dalamnya adalah serat larut air yang ampuh membuat kita tahan lapar lebih lama. Artinya kita bisa menjadikan apel sebagai selingan untuk makanan diet sehat di sela-sela waktu makan. Apel juga punya nilai indeks glikemik rendah sehingga aman bagi diabetes yang ingin mengendalikan berat badan.

Macam Menu Diet Sehat

Sebenernya membuat menu diet sehat untuk sehari-hari tidaklah sulit. Selama setiap makanan dan camilan yang kita konsumsi mengandung protein, serat, karbohidrat kompleks dan sedikit lemak. Berikut ini beberapa referensi menu diet sehat yang dapat kita coba terapkan untuk sehari-hari.

Menu Diet Sehat 1

Sarapan

  • Secangkir youguort plain dengan madu
  • Satu buah pisang
  • Segelas air putih

Makan siang

  • Salad sayur ditambah makroni pakai minyak zaitun agar lebih sehat
  • Segelas air putih

Makan malam

  • Dada ayam rebus tanpa kulit
  • Brokoli dan kacang merah
  • Segelas air putih

Camilan

  • Granola bar

Menu Diet Sehat 2

Sarapan

  • Teh atau kopi dengan gula tanpa ditambahkan susu
  • Dua lembar roti gandum dengan mentega

Makan siang

  • Dada ayam panggang dengan baluran mentega atau minya zaitun
  • Sayuran rebus (wortel,brokoli,jagung) dan kentang tumbuk
  • Segelas air putih

Makan malam

  • Steak daging tanpa lemak
  • Kentang tumbuk
  • Segelas air putih

Camilan

  • Apel

Menu Diet Sehat 3

Sarapan

  • Telur rebus ditambah keju

Makan siang

  • Nasi merah
  • Pepes ikan
  • Tahu atau tempe rebus

Makan malam

  • Salad sayuran tambahkan perasan jeruk lemon, jamur, dan sedikit minyak zaitun
  • Segelas air putih

Camilan

  • Jus buah asli tanpa tambahan gula

 

KLIK SELENGKAPNYA!


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini