Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Tips Menambah Tinggi Badan Dengan Sehat

positifsehat     04/11/2019 - 20:51 PM     46x     0

Semua orang pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal termasuk dengan tinggi badan, banyak orang yang meminum obat atau suplemen tertentu agar bisa mendapatkan bentuk tubuh yang diingkan dengan cara cepat. Sebanarnya dengan kita mengonsumsi obat-obattan dan suplemen tertentu itu belum pasti terbukti dan belum tentu cocok dengan keadaan tubuh kita. Cara yang aman untuk menumbuhkan tinggi badan yaitu tentunya dengan cara yang alami, karna tidak akan menimbulkan efek samping terhadap tubuh kita.

Cara Menambah Tinggi Badan Alami

Percepatan pertumbuhan tinggi badan dimulai dari sejak memasuki usia remaja. Pada pria masa pertumbuhan dimulai sejak umur 11 tahun dengan puncak pertumbuhan pada usia 13 tahun. Sedangkan untuk wanita masa pertumbuhan dimulai dari usia 9 tahun dengan puncak pertumbuhan pada usia 11-12 tahun. Percepatan pertumbuhan ini akan berhenti pada akhir masa pubertas.

Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa menumbuhkan tinggi badan kita secara sehat:

  1. Makan dengan gizi yang seimbang

Selama masa pertumbuhan, penting untuk memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Mulai dari sayur-sayuran, biji-bijian dan buah-buahhan. Perhatikan juga asupan vitamin D yang diperlukan untuk menopang pertumbuhan tulang dan menjaga kepadatannya. Makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan tuna, susu, kuning telur.

  1. Sering berolahraga

Tentu kita semua sudah mengetahui berbagai macam manfaat dari olahraga, salah satunya adalah memperkuat otot dan tulang, membantu mempertahankan berat badan yang sehat, dan meningkatkan produksi hormone pertumbuhan. Berikut adalah jenis olahraga yang bisa menambah tinggi badan kita: bersepeda, berenang, sepakbola, badminton dan basket.

  1. Tidur yang cukup

Kurang tidur selama masa remaja bisa memicu masalah kesehatan, termasuk bisa terhambatnya pertumbuhan tinggi badan. Berikut ini adalah jumlah waktu tidur per hari yang disarankan sesuai dengan usia:

  • Bayi umur 3 bulan : 14-17 jam / hari
  • Bayi umur 3-11 bulan : 12-17 jam / hari
  • Balita umur 1-2 tahun : 11-14 jam / hari
  • Balita umur 3-5 tahun : 10-13 jam / hari
  • Anak ber-usia 6-13 tahun : 9-11 jam / hari
  • Remaja ber-usia 14-17 tahun : 8-10 jam / hari
  • Dewasa ber-usia 18-64 tahun : 7-9 jam / hari

Cara memperbaiki tinggi maksimal

Kurangnya tinggi badan bisa disebabkan oleh beberapa factor seperti kurangnya asupan gizi, penyakit kronis, dan factor genetic. Untuk mengetahui tinggi badan maksimal yang mungkin dicapai bisa dilakukan dengan menghitung tinggi badan orang tua kita.

Berikut adalah cara perhitungan tinggi badan maksimal anak:

  • Tinggi badan maksimal anak perempuan

(tinggi badan ayah – 12,7 cm + tinggi badan ibu) dibagi 2.

  • Tinggi badan maksimum anak laki-laki

(tinggi badan ibu+ 12,7 + tinggi badan ayah) dibagi 2.

Kita bisa melakukan beberapa cara untuk menambah tinggi badan kita seperti tips-tips diatas, intinya selama kita masih dalam masa pertumbuhan tubuh kita masih kita berkembang. Dan disarankan untuk berhati-hati jika ingin mengonsumsi obat atau suplemen yang mengklaim bisa menambah tinggi badan, lebih baiknya kita konsultasikan dulu kedokter.

 

KLIK SELENGKAPNYA!


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini