Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Tips Meluruskan Rambut Kerinting

positifsehat     07/11/2019 - 10:08 AM     44x     0

Rambut manusia memiliki beberapa macam seperti lurus,ikal, bergelombang atau keriting. Biasanya jenis rambut ini dipengaruhi oleh factor genetis yang menentukan. Beberapa orang pasti ingin merubah gaya rambutnya setelah beranjak dewasa, misalnya dari keriting menjadi lurus atau sebaliknya.

Rambut lurus memang menjadi idaman mayoritas terutama untuk wanita. Wanita dengan rambut ikal atau keriting perlu melakukan perawatan khusus seperti smoothing untuk mendapatkan rambut lurus. Proses smoothing menggunakan bahan kimia dan suhu alat yang cukup tinggi. Dan biasanya proses smoothing ini berakibat rambut rontok.

Tetapi tenang saja, sekarang kamu tidak usah khawatir dengan jika ingin meluruskan rambut harus menggunakan smoothing yang bisa mengakibatkan rambut kita rontok. Nah sebagai alternative lain, kita bisa juga nih mencoba 7 tips meluruskan rambut keriting secara alami dan mudah dan bisa di lakukan langsung dirumah.

1. Minyak Kastor

Bahan alami pertama sebagai pelurus rambut adalah minyak jarak atau minyak kastrol yang mengandung banyak vitamin E yang tentunya bagus untuk kesehatan kulit dan rambut kita. Cara penggunaanya pun cukup simple yaitu dengan mengoleskan pada permukaan rambut kita secara merata diamkan selama 15-20 menit lalu bilas rambut dengan air / langsung kramas.

2. Gel Lidah Buaya

Sudah kita ketahui bahwa gel lidah buaya ini sangat cocok untuk kesahatan rambut kita salah satunya bisa sebagai bahan alami meluruskan rambut kita. Gunakan gel lidah buaya sebagai masker rambut dengan cara ambil bagian gelnya saja lalu oleskan secara merata di permukaan rambut kita diamkan beberapa menit hingga kering sambal dipijat lalu bilas dengan air dingin.

3. Masker santan

Pada zaman dahulu bahan alami shampoo itu terbuat dari daging kelapa. Kandungan protein yang tinggi dan minyak sehat di dalamnya bisa melembutkan rambut dan membuatnya lebih berkilau. Cara penggunaanya pun sangat gampang kita tinggal mengoleskan santan secara merata di permukaan rambut kita sambal dipijat lembut dan sesekali tekan-tekan dibagian batang rambut. Lakukan selama 5-10 menit lalu cuci rambut dengan shampoo yang biasa kita gunakan.

4. Cuka Masak

Ternyata cuka masak yang biasa gunakan bisa bermanfaat sebagai bahan alami pelurus rambut, tetapi kamu harus menggunakan bahan ini dengan hati-hati karna kandungan cuka masak yang cukup keras.

Siapkan sisir dan jepit rambut untuk melakukan smoothing alami. Oleskan cuka ke bagian kecil rambut lalu langsung sisiri berulang kali sampai tekstur rambut mulai lurus. Jepit bagian rambut dan diamkan beberapa saat. Lakukan cara yang sama pada bagian seluruh rambut.

5. Yogourt dan Putih telur

Yogourt selain bisa dikonsumsi langsung ternyata juga bisa bermanfaat untuk kecantikan rambut seperti melembutkan dan melembabkan rambut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal campurkan yogourt dengan putih telur setelah itu usapkan pada rambut secara merata dan tunggu 15-20 menit lalu bilas dengan shampoo.

6. Minyak Zaitun

Kita sudah mengetahui berbagai macam manfaat dari minyak zaitun terutama untuk kecantikan alami. Minyak zaitun sendiri mengandung senyawa asam oleat yang berfungsi melindungi keratin rambut tetap terjaga. Keratin adalah protein yang berperan sebagai komponen utama penyusun rambut kuku dan lapisan kulit manusia.

Untuk cara penggunaanya oleskan minyak zaitun secara merata di permukaan kulit kepala lalu pijat lembut secara merata. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

7. Minyak Goreng

Ternyata yang bisa meluruskan rambut keriting tidak hanya minyak zaitun, minyak goreng pun ternyata bisa menjadi bahan alami sebagai pelurus rambut kita. Cara penggunaanya pun hamper sama dengan cara mengoleskan secara merata di permukaan kulit kepala lalu pijat lembut sekitar 5 menit. Setelah itu tutup rambut dengan masker rambut atau dengan aduk yang sudah direndam di air hangat biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan shampoo.

 

KLIK SELENGKAPNYA!


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini