Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Tips Jitu Merubah File Excel ke PDF di Microsoft Office

Jitutips     28/11/2019 - 10:54 AM     40x     0

Tips Jitu Merubah File Excel ke PDF di Microsoft Office

Portable document format atau yang kita kenal dengan sebutan PDF yaitu sebuah format file yang sering kita gunakan untuk mengirimkan dokumen lewat email. Biasanya orang mengirimkan file PDF ini ukurannya yang relatif kecil, dokumen yang diubah kedalam bentuk PDF juga sangat memungkinkan untuk dibuka menggunakan aplikasi apa saja tanpa mengubah bentuk atau isi dari dokumen pada file kita. tipsjitu Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mengubah dokumen Excel ke PDF dengan mudah.

Sebetulnya ada beberapa cara yang kita bisi pilih untuk mengubah dokumen Microsoft Excel ke PDF baik menggunakan aplikasi Microsoft Office ataupun tools online  yang sudah tersedia dengan gratis

Cara Mengubah Excel ke PDF Menggunakan Microsoft Office

Dalam kesempatan kali ini saya akan menggunakan Microsoft Office 365, untuk kita pengguna Microsoft Office 2010 hingga 2019 bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

  • Siapkan dokumen Excel yang akan kita ubah ke dalam bentuk PDF, jangan lupa untuk mengatur  layout dari dokumen Excel kita. Hal ini bertujuan agar hasilnya nanti akan terlihat rapi.

  • Selanjutnya klik menu file kemudian pilih Save As lalu klik browse untuk menentukan dimana nantinya hasil convert PDF akan disimpan.
  • Pada jendela Save Ad ini nama file dan di bagian Save As type pilih PDF.

  • Akan muncul beberapa opsi baru sebelum kita memutuskan untuk menyimpan file Excel ke dalam format PDF. Pada bagian optimize for pilih Standard agar hasilnya nanti tidak pecah.

  • Jika ingin mengatur dokumen PDF klik tombol Options, setelah itu silahkan atur lalu klik OK.
  • Langkah terakhir yaitu klik tombol Save, maka dokumen Excel tadi sudah berubah bentuk ke format PDF.

Cara lainnya setelah klik menu File, bisa langsung menuju menu export kemudian klik tombol Create PDF/XPS maka akan muncul jendela baru, isi nama file dan klik tombol publish, maka dokumen PDF kita pun sudah jadi.

Cara Mengubah Excel ke PDF Secara Online 

Ada banyak layanan online yang bisa kita gunakan untuk mengubah file Excel ke PDF, namun untuk tutorial ini saya hanya akan gunakan 2 layanan online saja.

Ada banyak layanan online yang bisa Anda gunakan untuk mengubah file Excel ke PDF, namun untuk tutorial ini saya hanya akan gunakan dua layanan online saja.

1. Smallpdf

  • Akses website smallpdf.com bisa kita buka melalui PC/Laptop dan juga bisa kita akses melalui HP.

  • Pada halaman utama kita akan dihadapkan dengan beberapa pilihan menu konversi, karena kita akan mengkonversi dokumen Excel ke PDF maka kita pilih Excel to PDF.

  • Setelah memilih Excel to PDF kita akan dibawa ke halaman upload file Excel. klik choose file untuk memilih file yang akan kita upload lalu klik open dan tunggu hingga proses konversi ke PDF selesai. Smallpdf juga bisa mengupload file layanan dari Google Drive atau Dropbox.

  • Setelah proses selesai maka kita bisa langsung mendownload file PDF atau bisa memilih untuk mengirimnya ke email, Google Drive atau Dropbox.

Kekurangan dari layanan ini adalah kita hanya diberikan waktu untuk mencoba versi trial hanya selama 14 hari, dan setelah masa trial berakhir maka kita harus membayarnya seharga $12 per bulan.

2. CloudConvert

Sama seperti layanan dari Smallpdf, CloudConvert juga menyediakan beberapa pilihan untuk mengubah format file Excel ke PDF  dan dari dokumen, video, audio, image, font, vector dan beberapa file lainnya. Untuk mengubah file excel ke PDF dengan menggunakan layanan Cloud Convert ini sangat mudah, caranya:

  • Pada halaman ini utama kita bisa langsung mengupload file Excel yang akan kita ubah formatnya ke PDF, klik tombol select file jika kita ingin mengupload file dari PC/Laptop. dan klik pada panah bawah untuk memilih opsilainnya dimana file yang akan kita simpan. Bisa dari Google Drive, Dropbox, OneDrive, Box dan bahkan dari URL sekalipun.
  • Setelah file kita pilih, maka langkah selanjutnya adalah kita harus memilih format file dengan cara klik tombol select format lalu pilih document dan pilih PDF.

  • Klik tombol start conversion untuk memulai proses konversi Excel ke PDF.
  • Setelah proses konversi selesai maka file PDF bisa langsung di download dengan mengklik download yag tersedia.

Untuk pengguna paket free hanya berlaku selama 25 kali konversi dalam 1 hari serta file yang bisa kita upload hanya maksimal sekitar 1GB.

 

KLIK SELENGKAPNYA!


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini