Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Tips Jitu Mematikan Update Windows 10 di PC/Laptop

Jitutips     28/11/2019 - 13:23 PM     48x     0

Tips Jitu Mematikan Update Windows 10 di PC/Laptop

Microsoft akan selalu merilis update terbaru untuk menambal celah dan meningkatkan performa dari Windows 10. Update ini selalu diunduh dan diinstal secara otomatis jika laptop atau PC kita terhubung dengan internet. Tapi tidak semua orang senang menerima dan menginstal update yang datangnya secara tiba-tiba dan terkesan lama dengan menunggu proses updatenya. Pasalnya untuk menginstal update Windows 10 kita harus berhenti bekerja untuk me-restart laptop/PC kita.

Selain itu update yang dirilis mungkin saja tidak sesuai dengan program yang sering kita gunakan. belum lagi ukuran update yang sangat besar bisa menguras kuota internet kita. Nah lalu bagaimana jika kita ingin menghentikan update tan Windows 10 yang otomatis? Tenang saja walaupun tidak bisa mematikan tipsjitu secara permanen tapi setidaknya kita punya cara mematikan update tan windows agar tidak terlalu sering.

1. Hentikan Sementara Update Otomatis

Cara ini tidak bisa mematikan auto update secara permanen atau selamanya, tapi cara ini bisa membantu menghentikan update otomatis untuk sementara waktu. Caranya buka menu Start dan masuk ke aplikasi Settings.

  • Klik Update & Security 
  • Windows Update yang ada di sisi kiri 
  • Klik Advanced options
  • Di bawah pause Updates, klik toggle yang ada hingg menajdi On

Cara ini akan menghentikan update otomatis selama Windows 10 selama 35 hari di PC/Laptop kita, tapi kita harus mengunduh update terbaru setelah periode tersebut berakhir jika kita masih ingin menghentikan update otomatis.

2. Batasi Koneksi Internet 

Cara ini cukup mudah tapi sangat membantu menghentikan update dan menghambat kuota internet. Klik menu Start lalu buka aplikasi Settings dan dari sini klik Networl & Internet lalu kemudian WIFI di kolom sebelah kiri.

Cari nama koneksi WIFI yang kita pakai. Scroll ke bawah hingga menemukan bagian Metered Connection dan klik toggle yang ada hingga menjadi On, cara ini akan membantu Windows 10 bahwa kita memiliki internet yang terbatas sehingga tidak akan mengunduh updates secara otomatis.

3. Cegah Update untuk Diinstal 

Setelah proses instalasi update sudah berjalan maka kita jangan coba-coba untik memaksakan menghentikan tapi jika Windows 10 sudah mengunduh update tapi belum diinstal maka kita masih bisa menghentikannya. Di search bar Windows 10 detik Security and Maintenance, lalu klik hasil pencarian pertama untuk membuka Control Panel. Klik Maintenance untuk melihat lebih banyak pilihan kemudian scroll ke bagian Automatic Maintenance.

Klik Stop Maintenance untuk mencegah update diinstal, jika berubah pikiran kita bisa memulai update dengan cara klik Start Maintenance.

4. Matikan Windows Update Startu Service

Di Search Bar Windows 10, lalu ketik Service klik kanan di hasil pencarian teratas dan pilih opsi Run as Administator, scroll down hingga menemukan entri Windows Update. Jika di kolom Status tertulis Running dan klik kanan Windows Update entri dan klik Stop. Setelah itu Klik kanan pada mouse lagi dan pilih menu Properties. Di menu yang muncul di bagian bawah Startuo type, pilih Disabled dan kil OK.

Cara ini bisa mencegah Windows Update untuk menginstall update secara otomatis, jika kita ingin mencegah update otomatis tapi masih ingin menginstall update secara manual maka pilih opsi manual dari menu drop-down.

5. Lewat Group Policy 

Cara mematikan auto update Windows 10 ini memang sedikit rumit, tapi bisa kita coba dengan mengetik ‘gpedit.msc’ di search bar Windows 10 dan klik hasil pencarian pertama. Setelah itu navigasi langkah berikut ini:

  • Computer Configuration
  • Administrative Templates
  • Windows Components
  • Windows Update
  • Di jendela sebelah kanan klik 2 kali opsi Configure Automatic Updates.

Cara seperti ini akan membuka jendela baru di sudut kiri atas dan klik Disabled kemudian Apply dan OK. Cara ini akan mencegah Windows 10 mengunduh dan menginstal update secara otomatis tapi kita bisa mengunduh update secara manual lewat manual Update.

 

KLIK SELENGKAPNYA!


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini