Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut

positifsehat     28/11/2019 - 10:32 AM     36x     0

Semua tentu pernah mengalami yang namanya bau mulut, masalah itu tentu akan membuat kita menjadi kurang pede untuk tampil didepan umum, masalah itu biasa terjadi saat kita sedang bepergian atau ketika kita berada di luar rumah dan tidak membawa sikat gigi. Tentunya masih ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi bau mulut meski tidak membawa sikat gigi, simak beberapa tips untuk menghilangkan bau mulut.

Beberapa cara untuk menghilangkan bau mulut:

1. Makan Permen Karet Rasa Mint

Menurut penelitian para ahli memakan permen karet bisa menjadi salah satu solusi cerdas  untuk mengatasi bau mulut saat anda tidak membawa sikat gigi.

Dan untuk pemilihan permen karet ini sebaiknya kita gunakan permen karet rasa mint dan hindari permen karet dengan rasa manis. Sebab bakteri di dalam mulut bisa memakan kandunga gula yang terdapat dalam permen karet rasa manis, sehingga kemudian akan menghasilkan asam dalam mulut, kondisi ini akan merusak enamel gigi sekaligus menyebabkan aroma napas tidak sedap.

2. Gunakan Obat Kumur

Mengunakan obat kumur bisa menjadi pertolongan pertama unutk membersihkan area mulut jika tidak memiliki sikat gigi. Selain ampuh untuk menyegarkan aroma napas berkat rasa mint yang terkandung didalamnya, obat kumur juga bisa memberi perlindungan ekstra dalam menyingkirkan bakteri.

Untuk penggunaan obat kumur sendiri yaitu digunakan saat pagi dan malam dan pastikan anda memilih obat kumur yang mengadung zat aktif guna membasmi bakteri penyebab bau mulut sehingga bisa mengurangi aroma napas yang tidak sedap.

3. Makan Buah

Buah selain bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, ternyata buah juga bisa berperan aktif menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut. Seperti buah apel dengan kandungan polifenol yang ampuh untuk membasmi bakteri sekaligus membantu menghilangkan senyawa atau gas yang berbau seperti  belerang pada mulut. Buah jenis lain yang kaya akan kandungan vitamin C adalah jeruk, stroberi, jambu, dan anggur dipercaya menghasilkan asam pada mulut guna mencegah bakteri berkembang biak.

Pada dasarnya semua buah yang kaya akan kandungan berbagai vitamin dan nutrisi adalah cocok untuk mengatasi masalah pada bau mulut yang sedang kita alami, karena saat kita sedang mengunyah buah-buahan maka area mulut anda bisa memproduksi air liur yang banyak dan bisa mengatasi masalah bau mulut.

4. Bersihkan lidah

Membersihkan lidah tidak harus dengan sikat gigi tetapi masih bisa mengunakan alat penggosok lidah. Karena ada banyak bakteri yang bersembunyi di lidah dan bisa menjadi sarang penyebab bau mulut. Untuk itu gunakan alat pembersih lidah dengan cara menggosok dari bagian pangkal lidah yang paling dalam kemudian Tarik hingga ke arah depan. Kemudian akhiri dengan berkumur selama beberapa kali. Lidah pun akan bersih dan segar kembali.

5. Hindari Makan-makanan Sumber Bau Mulut

Harus kita sadari dibalik rasa makanan yang enak ternyata ada beberapa makanan yang menjadi sumber bau mulut contohnya seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombai, petai dan jengkol. Bahkan dengan kita sudah menggosok gigi dan menggunakan obat kumur pun tetap saja tidak bisa membantu menyegarkan napas kita.

Bahkan menurut para ahli senyawa bau mulut yang terkandung dalam makanan tersebut bertahan di mulut kita hingga kemudian masuk ke aliran darah dan paru-paru. Jadi untuk kita yang sedang mempunyai masalah bau mulu hindari makanan tersebut.

6. Makan Yogourt

Sour cream

Yogourt selain untuk memperlancar system kerja pencernaan tetapi tidak hanya itu ypgpurt juga bisa mengatasi masalah bau mulut,  karena yogourt memiliki kandungan probiotik yang ampuh menyingkirkan bakteri jahat di mulut serta menurunkan jumlah hydrogen sulfide yang dihasilkan oleh bakteri yang mengakibatkan adanya bau khas dari mulut kita.

Akan tetapi kita harus memilih yogourt tanpa rasa, jangan memilih rasa dengan buah-buahhan atau cokelat karna kandungan gulanya bisa jadi berlebihan.

7. Minum Banyak Air Putih

            Tips terakhir ini sangat sederhana dan paling mudah untuk kita lakukan mengatasi bau mulut yaitu dengan cara minum banyak air putih terlebih saat kita baru bangun tidur. Karena bakteri yang menyebabkan napas kita berbau tidak sedap memiliki sifat anaerobic, artinya bakteri tersebut akan tumbuh subur dalam suasana mulut kita sedang kering.

Itu sebabnya air putih sangat berperan membasmi sekaligus menyeimbangkan area dalam mulut kita guna mengatasi pertumbuhan bakteri tersebut.

Perlu diingat tujuh tips diatas tadi hanya bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama pada keadaan darurat. Tips-tips ini tidak bisa menggantikan pentingnya sikat gigi setiap hari.

 

KLIK SELENGKAPNYA!


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini