Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Tanaman Herbal Penyembuh Penyakit Jantung

positifsehat     05/11/2019 - 10:39 AM     49x     0

Pengertian penyakit jantung adalah keadaan yang dimana jantung tidak lagi mampu berfungsi sebagaimana seharusnya, hal ini dikarenakan adanya otot jantung yang rusak akibat kekurangan oksigen. Dan situasi ini sering terjadi disebabkan oleh adanya lemak dan kolesterol yang mengendap sehingga menyebabkan terganggunya suplai darah yang menuju jantung.

Pengobatan penyakit jantung bisa dibagi menjadi 2 macam yaitu bisa dengan cara medis seperti melakukan pengobatan ke pada dokter ataupun dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping seperti dengan menerapkan gaya hidup sehat contohnya berhenti merokok, mengurangi berat tubuh jika berlebih, menurunkan tekanan darah, hindari konsumsi makanan berlemak dan rajin melakukan aktifitas olahraga. Dan untuk contoh pengobatan secara herbal yaitu dengan menggunakan tanaman-tanaman herbal yang mampu mengobati penyakit jantung. Antara lain:

  1. Kulit manggis

Sebenarnya penggunaan kulit manggis sebagai tanaman obat ini sudah banyak digunakan di Indonesia karna dipercaya kulit manggis memiliki segudang manfaat yang memang salah satu kulit buah yang begitu berkhasiat untuk membantu memperbaiki kualitas kesehatan manusia yang juga bagus dan aman dikonsumsi untuk segala usia. Selain itu kulit manggis ini juga dikabarkan mampu mengatasi sekaligus menyembuhkan beragam jenis penyakit dan salah satunya digunakan untuk pengobatan herbal penyakit jantung. Kandungan yang ada dikulit manggis adalah xanthone yang membuahkan antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas. Dimana radikal bebas itu berbahaya sekali untuk tubuh kita yang bisa memunculkan endapan di pembuluh darah. Nah dengan begitu adanya antioksidan ini pada kulit manggis bisa menangkap radikal bebas untuk dikeluarkan didalam tubuh. Nah untuk penggunaanya sendiri kita bisa membeli di toko-toko obat dengan membeli ekstrak kulit manggis yang sudah dikemas pada bentuk kapsul.

  1. Bawang putih

Jenis rempah yang satu ini memang sering digunakan untuk bahan tambahan bumbu masak didapur, tetapi perlu kita ketahui ternyata banyak sekali manfaat bawang putih untuk kesehatan salah satunya adalah sebagai obat alami penyakit jantung. Salah satu peran penting bawang putih ini untuk pengobatan penyakit jantung adalah bisa menurunkan tekanan darah tinggi, dan kolestorel, bawang putih juga memiliki sifat anti kanker, anti-bakteri, dan juga anti-jamur. Dan anti oksidan yang tergantung pada bawang putih berguna untuk mencegah terjadinya arteriosclerosis dengan memerangi oksidasi dari serum lemak.

  1. Temulawak Putih

Temulawak putih atau kunyit putih merupakan tanaman herbal yang sering kali di manfaatkan untuk menjadi obat alami penyembuhan beragam penyakit yang diderita oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Salah satunya untuk obat tradisional penyakit jantung. Tanaman ini memiliki khasiat yang ampuh mengobati bermacam-macam penyakit yang mana hal tersebut dikarenakan kandungan yang berada didalam rimpangnya dan didalam ripang temulawak putih ini terkandung 25% minyak menguap dengan kandungan utama sesquiterpene. Kandungan kunyit putih terdiri dari anti-lipid peroksida yang berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung coroner, hipertensi, asam urat dan juga diabetes. Zat curcumin (anti-inflamasi), zat yang satu ini berkhasiat untuk mengobati penyakit maag (asam lambung), nyeri haid, ambeien, radang hidung, radang tenggorokan dan keputihan. Cara penggunannya:

  • Bersihkan kunyit putih dari kotoran tanah yang menempel
  • Iris kecil-kecil kunyit putih, lalu jemur dibawah sinar matahari hingga kering
  • Setelah kering lalu blender kunyit putih hingga menjadi rimpang kunyit putih
  • Seduh rimpang kunyit putih dengan air hangat dan saring, lakukan 1 kali sehari.
  1. Daun Sirsak

Bahan terakhir adalah dengan menggunakan daun sirsak yang mempunyai banyak kegunaan untuk kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah berkhasiat menyembuhkan beragam jenis penyakit termasuk untuk obat herbal jantung. Alasan daun sirsak bisa menyembuhkan penyakit jantung karena daun sirsak ini mempunyai peranan dalam melancarkan peredaran darah yang terganggu, sebab daun sirsak bersifat vasodilator yang bisa melebarkan pembuluh darah yang mengalami penyumbatan.

Cara penggunaanya sendiri kita bisa merebus langsung daun sirsak yang sudah dibersihkan dengan air hangat dan langsung meminum air rebusannya atau juga kita dapat mengkonsumsi langsung daun sirsak yang sudah di ekstrak menjadi obat herbal alami yang ampuh.

Cara diatas adalah beberapa cara pengobatan penyakit jantung yang menggunakan tanaman herbal yang bebas dari efek samping, mudah-mudahan bisa membantu para pengidap penyakit jantung coroner untuk cepat sembuh. SELAMAT MEMCOBA…!!!!

KLIK SELENGKAPNYA!


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini