Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Rencana Pembangunan Flyover Kartasura Masuk Proyek Strategis Pemprov

juanda     18/12/2019 - 15:35 PM     34x     0

Gagasan pembangunan flyover di bundaran tugu Kartasura oleh Pemkab Sukoharjo diserahkan ke pemerintah pusat dimasukan dalam project strategis Pemerintah Propinsi Jawa Tengah. Pembangunan itu memberi dukungan sasaran pemercepatan perkembangan ekonomi sebesar tujuh % pada tahun 2020 akan datang. Kehadiran flyover Kartasura dapat lancarkan arus jalan raya kendaraan hingga percepat pergerakan ekonomi.

Kabid Infrastruktur serta Peningkatan Daerah (IRW) Tubuh Rencana, Riset serta Pembangunan Wilayah (Bapelbangda) Sukoharjo Agus Purwantoro, Selasa (17/12/2019) menjelaskan, gagasan pembangunan flyover di bundaran tugu Kartasura awalannya menjadi program wilayah dari Pemkab Sukoharjo. Mengajukan saran sudah dikerjakan semenjak tahun 2017 lalu murni dari Pemkab Sukoharjo.

Tetapi dalam perkembanganya kehadiran flyover bukan sekedar jadi keperluan penting wilayah saja, tetapi propinsi serta pusat. Diluar itu ditambah kehadiran status Jalan A Yani Kartasura adalah jalan nasional sebagai wewenang penuh pemerintah pusat.

Keperluan budget membuat flyover Kartasura paket indihome yang tinggi sekali membuat Pemkab Sukoharjo pada akhirnya menyertakan pemerintah pusat. Keterkaitan dikerjakan pada harga jam tangan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dengan memasukkan gagasan pembangunan flyover Kartasura dalam gagasan project strategis.

Keseriusan Pemkab Sukoharjo dalam wujudkan pembangunan flyover Kartasura direalisasikan dalam Gagasan Biasa Tata Ruangan Daerah (RTRW). Dengan begitu jadi saat nanti pembangunan dikerjakan telah berkekuatan hukum. "Pemkab Sukoharjo menyengaja menyertakan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dengan memasukkan gagasan pembangunan flyover Kartasura dalam project strategis," katanya.

Mengajukan saran pembangunan flyover Kartasura sudah diserahkan ke Kementerian Pekerjaan biasa serta Perumahan rakyat (Kemen PUPR) tiga tahun yang lalu. Sebab pembiayaan pembangunan masuk dalam Budget Penghasilan serta Berbelanja Nasional (APBN) serta belum diwujudkan.

"Hingga tahun ini kami usulkan kembali. Baik saran ke Pemerintah Propinsi Jawa Tengah atau ke Kemen PUPR sudah tertera di aplikasi online ke-2 lembaga. Serta ini masih proses pengusulan. Mudah-mudahan dapat di setujui," sambungnya.

Kepala Dishub Sukoharjo Joko Indriyanto menjelaskan, Dishub Sukoharjo masih mengutamakan saran pembangunan flyover Kartasura ke pemerintah pusat pada tahun 2020 akan datang. Mengajukan saran dikerjakan sesudah Dishub Sukoharjo mengakhiri analisis tehnis pada tahun 2019 ini. Diluar itu pengaturan sudah dikerjakan Dishub Sukoharjo dengan Dinas Pekerjaan Biasa serta Pengaturan Ruangan (DPUPR) Sukoharjo.

Dishub Sukoharjo ajukan saran pembangunan flyover dititik bundaran tugu Kartasura. Saran telah diawali semenjak tahun 2019 serta mengajukan dengan sah akan kembali dikerjakan tahun 2020 akan datang. Saran itu diinginkan dapat di setujui pusat serta pembangunan selekasnya diwujudkan.


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini