Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Menyelisik Peran Industri Hulu Migas untuk Pembangunan Daerah

juanda     18/12/2019 - 15:41 PM     30x     0

Beberapa orang kenal Kabupaten Bojonegoro jadi satu diantara daerah di Jawa Timur. Beberapa yang lain kenal kabupaten yang bersebelahan dengan Kabupaten Tuban ini jadi satu diantara daerah penghasil minyak bumi paling besar di Indonesia.

Walau sekarang Bojonegoro diketahui sebab kekayaan akan sumber daya alamnya yakni minyak buminya, siapa kira kabupaten ini pernah jadi satu diantara daerah termiskin di Jawa Timur pada tahun 2000. Mencuplik Kompas.com, Jumat (7/12/2018), pada 2006 Bojonegoro pernah ada di rangking tiga kabupaten termiskin se-Jawa Timur.

Keadaan itu selanjutnya beralih sebab kehadiran satu diantara lapangan minyak aktif di Bojonegoro, yaitu Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu, yang dioperasikan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) ExxonMobil Cepu Limited.

Berdasar data Unit Kerja Spesial Pelaksana Pekerjaan Hulu Migas ( SKK Migas) Februari 2019, Blok Cepu punya lifting 219.000 Barrel Oil Per Day (BOPD) serta jadi KKKS dengan lifting minyak bumi paling besar.

Sebab kehadiran Blok Cepu itu, Bojonegoro yang semula adalah daerah termiskin, perlahan-lahan menjelma jadi wilayah dengan alokasi Dana Buat Hasil (DBH) minyak serta gas bumi ( migas) lumayan besar.

Mencuplik buletin SKK Migas Juli 2019, DBH adalah dana penghasilan Budget Penghasilan serta Berbelanja Negara (APBN) yang dibagihasilkan pada wilayah berdasar angka prosentase khusus.

Pembagiannya dikerjakan dengan memerhatikan realisasi lifting migas untuk wilayah penghasil itu.

Berdasar data Kementerian Keuangan, Mei 2019, DBH bidang migas ke pemda pada 2018 sampai Rp 22,48 triliun. Dari jumlahnya itu, Kabupaten Bojonegoro jadi penerima DBH migas paling besar se-Jawa Timur dengan jumlahnya Rp 2,28 triliun.

Tidak cuma Bojonegoro, beberapa daerah lain penghasil migas akan terima buat hasil sama sesuai dengan realisasi lifting migas pada wilayah penghasil itu.
Dana buat hasil

Ketetapan buat hasil DBH ditata dalam Undang-Undang (UU) Nomor 33 Tahun 2004 mengenai Perimbangan Keuangan Di antara Pemerintah Pusat serta Pemerintah Wilayah.

Berdasar UU itu, dari 100 % penghasilan minyak bumi, pemerintah pusat mendapatkan sisi 84,5 %. Selain itu, pemda mendapatkan 15,5 %, yang 0,5 prosentasenya didistribusikan untuk pendidikan.

Mengenai tersisa 15 % dibagi sesuai dengan ketetapan berlaku. Misalnya, jika wilayah penghasilnya adalah kabupataen/kota, jadi rinciannya seperti berikut 3 % untuk propinsi, 6 % untuk kabupaten/kota penghasil minyak, serta 6 % untuk kabupaten/kota non-penghasil.

Untuk buat hasil gas bumi, pemerintah pusat memperoleh 69,5 % serta pemda 30,5 %, yang 0,5 prosentasenya untuk pembangunan pendidikan.

Tersisa 30 prosentasenya selanjutnya dibagi sesuai dengan ketetapan berlaku. Misalnya, jika wilayah penghasilnya adalah kabupataen/kota, jadi rinciannya 6 % untuk propinsi, 12 % untuk kabupaten/kota penghasil, serta 12 % untuk kabupaten/kota non-penghasil.

Untuk Propinsi Papua serta Papua Barat sebab dengan status wilayah otonomi spesial (otsus), jadi punya penghitungan DBH berlainan sesuai ketetapan yang berlaku.

Untuk minyak bumi, pemerintah pusat memperoleh buat hasil sebesar 30 %, sedang pemda mendapatkan 70 %.

Dari bagian 70 % itu, selanjutnya dibagi untuk harga ps4 tingkatkan kesejahteraan warga 55 %, propinsi 3 %, kabupaten/kota penghasil 6 %, serta kabupaten/kota non penghasil 6 %.

Industri hulu migas di Bojonegoro, Jawa Timur

Buat hasil gas punya prosentase yang sama juga dengan minyak bumi. Tetapi, dari bagian 70 % punya pemda akan dibagi jadi penambahan kesejahteraan warga 40 %, propinsi 6 %, kabupaten/kota penghasil 12 %, serta kabupaten/kota non penghasil 12 %.
Peningkatan vendor lokal

Dalam soal penyediaan barang atau layanan untuk kegiatan indusri hulu migas, peningkatan penyuplai barang/layanan lokal jadi prioritas. Ini ditata dalam Dasar Tata Kerja (PTK) Pengendalian Rantai Supply mengenai Dasar Penerapan Penyediaan Barang/Layanan Koreksi 4.

PTK itu menerangkan, KKKS, penyuplai barang/layanan, serta subkontraktor harus memakai barang/layanan dalam negeri. Maksudnya, tidak hanya mendukung pekerjaan operasi, membuat dampak pengganda (multiplier effect) buat perekonomian nasional.

Pada PTK itu diterangkan juga, Tubuh Usaha Punya Wilayah (BUMD), koperasi, serta perusahaan lokal mendapatkan prioritas untuk berpatisipasi dalam proses tender penyediaan barang/layanan. Nilai paket tendernya bisa sampai Rp 10 miliar untuk kontrak dalam rupiah atau 1 juta dolar AS untuk kontrak dalam kurs dolar.

Misalnya, pemakaian content lokal untuk Kuat Expansion Proyek oleh BP Indonesia. Konstruksi awal project kilang ke-3 pemrosesan gas alam cair Kuat atau biasa disebutkan Train 3 di Teluk Bintuni, Papua Barat itu meliputi dua tempat, yaitu darat (onshore) serta terlepas pantai (offshore).

Sampai akhir Oktober 2019, realisasi pemakaian content lokal untuk barang serta layanan di tempat onshore masih penuhi loyalitas kontrak sebesar 37,33 %. Selain itu, di kilang offshore realisasinya serta melewati loyalitas kontrak 35,01 %, sekalinya masih menanti verifikasi dari faksi Surveyor Indonesia, sesudah project usai.
Tenaga kerja lokal

Untuk segi tenaga kerja, bidang strategis industri hulu migas sediakan banyak lapangan pekerjaan. Ditambah lagi, bidang strategis ini adalah industri padat karya yang bisa menyerap beberapa tipe tenaga kerja.

Misalnya di Riau. Mencuplik situs skkmigas.co.id, Jumat (23/8/2019), kedatangan PT Saipem Indonesia jadi satu diantara kontraktor migas di Kepri bisa buka peluang kerja baru buat warga seputar.

Contoh hulu migas

Berdasar data PT Saipem, kedatangan proyek-proyek hulu migas mereka semenjak 2016-2018 sudah buka 23.420 lowongan pekerjaan buat tenaga kerja nasional, terhitung di dalamnya pekerja lokal.
Tanggung jawab sosial

Tidak hanya memberi efek ekonomi, bidang hulu migas berusaha tingkatkan kemandirian warga dan jaga lingkungan di isekitar wilayah operasi melalui pekerjaan tanggung jawab sosial (TJS).

Merilis buletin SKK Migas Agustus 2018, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) bersama dengan SKK Migas punya pekerjaan TJS berbentuk Program Peningkatan Warga (PPM). Program ini fokus meningkatkan beberapa bagian, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sarana sosial atau biasa (infrastruktur), serta lingkungan.

Deputi Suport Usaha SKK Migas M. Atok Urrahman menerangkan, PPM adalah usaha memberi dukungan pekerjaan operasi migas agar berjalan baik tanpa ada masalah sosial, keamanan serta lingkungan. Diluar itu, TJS jadi satu diantara langkah memperoleh izin sosial untuk bekerja (social licence to operate).

Beberapa KKKS juga membuat program sesuai keadaan daerah di seputar wilayah operasinya. Misalnya, PT Pertamina EP Asset 5 Field Tarakan membuat satu asrama untuk Sekolah Darul Furqan di Desa Sungai Limau, Kalimantan Utara, yang berada di tepian di antara Indonesia serta Malaysia.

Asrama itu dibuat buat siswa serta guru Sekolah Darul Furqan sebab sampai kini mereka harus tempuh perjalanan berjam-jam dengan berjalan kaki untuk sampai ke sekolah.

Ada pula PT Medco E&P Indonesia di Blok Rimau, Sumatera Selatan, dengan program Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Program ini mempunyai tujuan mendayakan wanita yang tinggal di seputar wilayah operasi.

Program itu sekaligus juga jadi sisi dari program pertanian ramah lingkungan yang bisa diterapkan di tempat pekarangan rumah. Diinginkan, dengan peningkatan pekerjaan itu bisa jadi sumber penghasilan penambahan, penambahan kualitas kesehatan keluarga, sekaligus juga penghijauan lingkungan.

Semua buat hasil yang diterima oleh wilayah serta usaha KKKS untuk tingkatkan kemandirian warga menunjukkan jika industri hulu migas bisa memberi faedah besar sekali buat perkembangan wilayah.


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini