Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

positifsehat     22/11/2019 - 20:22 PM     36x     0

Fase menyusui merupakan saat yang penting untuk tumbuh kembang bayi. Karna dari itu asupan makanan yang sehat dan berprotein lebih diperhatikan. Banyak jenis makanan sehat untuk ibu menyusui yang bisa dikonsumsi untuk menjaga asupan kebutuhan makanan bernutrisi untuk sang buah hati.

Pada dasarnya ibu menyusui lebih banyak membutuhkan asupan nutrisi hingga 500 kalori, untuk memastikan produk air susu (ASI) mencukupi. Tetapi tidak semua ibu hamil membutuhkan kalori hal itu karena tergantung dari berat badan sebelum hamil dan penambahan berat badan pada masa hamil dengan dijumlahkan seberapa aktif kegiatan ibu dalam sehari-hari.

Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Untuk ibu menyusui pilihlah makanan sehat dengan pola nutrisi yang seimbang, dan hindari menurunkan berat badan yang berlebih pada fase menyusui. Dan berikut adalah daftar jenis makanan sehat yang disarankan untuk ibu menyusi:

  • Telur

Telur adalah sumber protein yang tinggi, telur adalah pilihan mudah untuk ibu menyusui. Jika ingin menambah asam lemak esensial pada ASI. Maka pilih telur yang difortifikasi DHA. Kita bisa mengonsumsi telur rebus atau pun telur orak arik untuk sarapan kita.

  • Salmon

Kandungan DHA pada ikan salmon sangatlah tinggi dan baik untuk perkembangan system saraf bayi. Jumlah DHA dalam ASI tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi ibu menyusui. Selain itu DHA di dalam bisa salmon bisa juga mencegah gejala depresi pasca melahirkan pada ibu. Perlu kita ketahui juga bahwa batas konsumsi pada ikan salmon 12 ons per minggunya.

  • Beras coklat

Kandungan nutrisi pada beras coklat dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Beras coklat juga tidak akan membuat kadar gula darah naik setelah mengonsumsinya.

  • Sayuran hijau

Jenis sayuran seperti bayam, dan brokoli itu merupakan jenis makanan dengan rendah kalori tetapi kaya kandungan vitamin A yang baik untuk bayi dan ibu menyusui. Selain itu sayuran hijau juga kaya akan kalsium, vitamin C, zat besi, dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan jantung.

  • Susu putih

Kandungan susu yang mengandung vitamin D, protein, dan vitamin B, dan dengan mengonsumsi 3 cangkir susu per hari akan memenuhi kebutuhan ibu menyusui. Jika tidak menyukai susu cobalah dengan mengonsumsi produk olahannya seperti yogourt yang juga banyak mengandung kalsium dan protein.

  • Kurma

Kandungan kalsium pada kurma akan mendorong produksi ASI. Kandungan seratnya juga sangat baik untuk ibu menyusui. Ada juga bahan yang bisa ibu konsumsi selain kurma, ibu menyusui juga dapat mengonsumsi kacang almond sebagai sumber kalsium.

  • Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk bisa menambah energi untuk ibu menyusui dan bisa menunjang aktifitas sehari-hari kita.

Banyak pilihan makanan yang bisa menjadi asupan bermanfaat bagi ibu menyusui. Untuk informasi lebih lajut ibu menyusui dapat dilakukan melalui konsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

 

KLIK SELENGKAPNYA!


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini