Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Jangan Lewatkan Pelaksanaan Diklat Penyuluhan Pertanian Yang Berbasis Syariah

steven99     06/12/2019 - 08:36 AM     35x     0

Pada tanggal 15 Oktober 2019 pas nya di aula unit diklat pertanian saree (aceh besar ) sudah di mulai diklat penyuluhan pertanian berbasiskan syari’ah sekitar dua angkatan dan diklat tehnis budidaya kedele sekitar satu angkatan. Mengenai yang datang dalam pembukaan itu antara lain yakni : kepala dinas pertanian serta perkebunan aceh, kepala seksi penyuluhan serta peningkatan SDM pertanian aceh, koordinator unit diklat pertanian saree, widyaiswara serta peserta diklat ( penyuluh pertanian) langsung di mulai oleh Bapak A. Hanan, SP. , MM (kadistanbun aceh) .

Dalam pembukaan diklat itu oleh kepala dinas memberikan berbagai perihal sebagai perhatian kita serta buka area bertanya jawab dengan peserta, antara lain ialah :

Buat peserta yang belum datang ke balai diklat s/d sorenya serta tak ada konfirmasi dan yang sudah datang akan tetapi tak disiplin di minta pada panitia diklat untuk diberi curiga jikalau butuh jangan diberi sertifikat dengan angan-angan selanjutnya tak terulang lagi ;
Buat widyaiswara untuk terus menaikkan kemampuan serta kompetensinya menuruti perubahan tehnologi serta kabar bagian pertanian yang demikian gampang dan cepat hingga jangan sempat berlangsung dalam implementasi diklat oleh peserta sebetulnya diklat itu- hanya itu hingga akan berpengaruh pada minimnya yakin diri penyuluh pertanian waktu melaksanakan penyuluhan pada petani/ pemeran upaya tani ;
Spesial untuk kesibukan penanaman kedele dikehendaki pada penyuluh agar dapat memberi pembinaan serta motivasi pada petani biar pengin serta menanam sama dengan angan-angan pemerintah. Permasalahan yang dijumpai oleh petani kedele ialah produksi rendah, harga terjangkau/ sewaktu- waktu tak ada yang pengin beli atau memuat, minimnya pemrosesan kedele cuma untuk pengerjaan tahu untuk tidak tempe dengan fakta berat yang sama ketimbang kedele import akan tetapi grup petak tempe yang didapatkan tidak sama jauh (lebih untung tempe dengan kedele import) ;
Pada penyuluh pertanian oleh kepala dinas menginginkan untuk dapat kerja lebih lama, lebih keras, cerdik serta selesai mengingat banyak nya komoditas pertanian sebagai tanggung jawab atur yaitu sekitar 657 komoditi. Bila tanggung jawab ini semata- mata ditanggung pada dinas pertanian propinsi aceh saja semestinya kemungkinannya kecil agar dapat dikerjakan, akan tetapi kerja sama seperti semua penyuluh pertanian yang ada pada kabupaten/ kota akan ringan untuk dikerjakan tentulah. Pun pada penyuluh pertanian utamanya wkpp utama kopi agar dapat lebih intens memberi pandangan mengenai efek penyemprotan herbisida pada tanaman kopi, gara-gara penampikan oleh masyarakat negara eropa jadi pembeli kopi Arabica sebab punya kandungan licosat.

Simak juga : cara membuat proposal usaha

Peserta atas nama M. Nurdin dari BPP langkahan aceh utara memberikan mengenai berlangsungnya penurunan luas baku sawah yang cukup memprihatinkan, yaitu dari 1420 Ha sawah dengan pengukuran lagi pada juli 2019 tinggal 664 Ha sesaat LTT dituntut makin bertambah serta keadaan irigasi yang butuh diperbaiki, tiadanya traktor pemrosesan tanah, kelangkaan pupuk. Pak kadis menjawab pertanyaan itu yaitu berdasar data BPS luas baku sawah aceh yang dapat ditanami padi ialah 293 ribu hektar, Akan tetapi data kementrian agraria tata area tubuh pertanahan nasional (ATR BPN) cuma 193 ribu hektar, akan tetapi berdasar SK tahun 2018 mereka mengatakan tidak benar hingga butuh dikerjakan pengukuran lagi dengan singkronisasi data ukur lagi oleh ATR BPN bersama dengan dinas pertanian, penyuluh pertanian di masing- masing wkpp dengan bikin berita acara dilapangan hingga tak berlangsung break down (pemberhentian) dalam kesibukan pertanian serta harapannya hasil pengukuran lagi memvisualisasikan keadaan real dilapangan. Efek menurunnya luas baku tempat pada kecilnya paket pupuk bersubsidi (cuma 36% yang bersubsidi serta 64% tidak dengan bantuan) , distribusi saluran air irigasi, paket traktor pengolah tanah serta pemberian yang lain.


Bapak Supriadi dari aron, aceh timur menyampaikan mengenai masih ada ego sektoral dilapangan, masih ada yang menyampaikan jika penyuluh tak kerja, penyuluh merasakan ibarat tong sampah berarti waktu ada prestasi itu punya orang lain bukan kerja hasil keras penyuluh serta seharusnya untuk benih kedele di bikin oleh group penangkar sebab benih yang bagus yaitu benih yang fresh. Pak kadis mengharap pada penyuluh pertanian yang ada pada aceh timur untuk dapat terima semuanya dengan lega dada sebab dari segi nomenklatur tidak sama dengan wilayah lain. Periode dormansi benih kurang dari 96% karena itu harus diuji lagi jikalau benih yang disalurkan ialah benih mempunyai label yang udah mati jangan diterima.


Ibu Mira Handayani dari aceh besar mengharap pada unit diklat pertanian aceh agar dapat melakukan diklat mengenai kabar tehnologi (IT) serta diklat menulis ketujuan penyuluh pertanian milenial sebab sosial media (jejaring sosial) bertambah cepat ketimbang media buat serta perhatian spesial untuk membuat BPP jadi mode. Mengenai respon bapak kadis ialah agar dikerjakan pelajari BPP yang dapat jadikan mode jadi motivasi serta BPP yang sukses mengatur demplot serta demfarm secara baik dan disediakan budget spesial untuk penyuluh pertanian yang rajin menulis dan di muat pada media online (cyber extention) serta media buat (haba tani) .

Artikel Terkait : cover proposal kegiatan
oleh Ibu Hayatul Siregar dari aceh singkil menyebutkan kalau ada 108 Ha buat sawah baru akan tetapi pada musim hujan tetap banjir serta jalan upaya tani belum pantas. Pak kadis memberi jalan keluar dengan memberi nomor kontak person atas nama Bapak Rizal Fahlevi untuk perbaikan jaringan irigasi yang rusak dan dengan bikin proposal yang diserahkan pada dinas pekerjaan biasa (PU) tembusan dinas peretanian.


Pak Randi Syahputra dari aceh tenggara menyampaikan mengenai permasalahan tak terinputnya data e-RDKK sebab ada 32 kios pengecer yang tak tercatat namanya serta pemberian seringkali telat hadir. Jawaban Pak Kadis ialah beliau sudah bertanya langsung pada yang bertanggungjawab atas input data e-RDKK hasilnya udah terinput serta untuk pemberian penyediaan benih sebagai tanggungjawab PPK propinsi sudah beralih langsung ke PPK kabupaten jadi udah lebih cepat serta mudah.
Karena ada pertanyaan oleh penyuluh pertanian serta respon yang diberi oleh Bapak Kadis Pertanian sudah berubah menjadi suatu kabar penting yang menjawab banyak permasalahan yang berlangsung sejauh ini.

Kebesaran hati serta kesediaan seseorang kepala dinas seperti yang sudah dicontohkan oleh Bapak A. Hanan, SP. , MM berubah menjadi motivasi serta dorongan besar pada semua yang datang waktu pembukaan diklat itu. Ini tampil waktu peserta di kelas waktu terima materi yang diungkapkan oleh nara sumber/ widyaiswara, yaitu kontribusi aktif yang lebih ketimbang angkatan awal kalinya.

Maksud penyuluhan berbasiskan syariah dengan cara inti ialah lebih pada membenarkan tekad (tulus) serta membenarkan teknik melaksanakan yang lebih pas (efisien) serta sesuai sama (efektif) . Dengan tekad tulus serta teknik yang benar akan membuat pekerjaan inti serta manfaat (tupoksi) kita agar dapat dipertanggungjawabkan pada Allah Swt serta publik.

Praktik lega (field trep) dikerjakan di kebun kurma Barbate aceh besar, disana peserta dapatkan beberapa hal, antara lain : waqaf tanah serta kebun kurma oleh yang mewaqafkan dengan maksud ekonomi syari’ah pada umat islam yang punya hak (fakir, miskin, ibnu sabil, fisabilillah serta lain sabagainya) , koperasi yang fokus serta digerakkan dengan cara syari’ah, tehnik budidaya pohon kurma dengan angan-angan dapat membuat perubahan keadaan tanah krusial berubah menjadi tanah yang subur. Kesempatan kali ini pun buka kesempatan investasi pada penyuluh (paket besar s/d paket minimalis) atau berubah menjadi pendorong pada pengambil keputusan di tempat pekerjaan masing- masing sepulang mereka kedaerahnya untuk membuat pilot project perkebunan kurma.

Dengan materi diklat yang sudah ditingkatkan serta pemateri yang sudah sesuai dengan kompetensi serta kemampuan dan tempat praktik lega yang pas serta pas akan melahirkan penyuluh- penyuluh pertanian yang tangguh serta kuat. Hingga aceh yang bermartabat, mandiri serta kedaulatan pangan dapat di raih. Aamiin Ya Rabbal’alamin.


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini