Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Ini Dia Organel Sel Hewan dan Fungsinya

steven99     01/12/2019 - 05:26 AM     31x     0

Sel hewan sebagai bentuk sel eukariotik yang membuat jaringan pada hewan. Akan tetapi, sel hewan punya ketaksamaan dengan sel eukariotik yang lain.

Lantaran tidak punya dinding sel yang keras, sel pada hewan banyak variasi memiliki bentuk.

Berikut 15 Organel Sel Hewan serta Manfaatnya :


Lihat juga : Dua Masyarakat China Didiagnosis Wabah Pneumonik


1. Membran Sel

Membran sel sebagai sisi paling luar yang membungkus sel yang tersusun atas lemak serta protein. Serta punyai manfaat adalah membuat perlindungan sel, penerima rangsangan di luar, serta mengendalikan keluar masuknya zat.

2. Retikulum Endoplasma

Sisi sel yang bersifat seperti benang-benang yang berada di pokok sel. Retikulum Endoplasma terdiri berubah menjadi 2 adalah Retikulum Endoplasma Halus (REh) yakni tidak menempel dengan ribosom serta Retikulum Endoplasma Kasar (REk) yakni menempel pada ribosom. Mengenai manfaat Retikulum Endoplasma adalah alat transportasi zat pada sel sendiri, sintesa protein (REk) , mensintesis lipid dalam sel (REh) , serta mendukung dalam detoksifikasi beberapa sel beresiko pada sel (REh) .

3. Sitoplasma

Sitoplasma sebagai cairan sel, terkecuali nukleus (pokok sel) serta organel, dan sitoplasma terdiri dalam protein material serta air. Sitoplasma punyai koloid kompleks yang dapat berganti terkait konsentrasi air, bila konsentrasi air rendah dikatakan gel, akan tetapi bila konsentrasi air tinggi dikatakan sol. Sitoplasma punyai manfaat punyai bahan kimia sel serta tempat berlangsungnya metabolisme sel.

4. Mitokondria

Simak Juga : struktur mitokondria

Organel paling besar sebagai mesin dalam sel, memiliki bentuk menyerupai cerutu atau rokok yang punyai 2 lapis membran yang lekuk-lekuk serta diberi nama kritas. Oksigen serta gulkosa berkombinasi dalam membuat energy (ATP) yang diperlukan buat metabolisme dalam organel, motokondria dalam bentu tunggalnya dikatakan mitokondrion. Punyai manfaat membuahkan kekuatan berbentuk ATP serta respirasi seluler.

5. Lisosom

Organel yang berbentuk kantong terikat di membran yang berisi kandungan enzim hidrolitik yang dimanfaatkan dalam mengatur pencernaan intraseluler dalam kondisi apa pun, serta manfaat lisosom sebagai penghasilan makromulekul di luar ketujuan ke sel dengan sistem endositosis, mengolah materi dengan pakai fagositosis, mengatur pencernaan intraseluler, serta penghancuran organsel yang rusak (autofagi) .

6. Mikrofilamen

Organsel yang terjadi dari protein aktin serta miosin. Mikrofilamen lebih lembut dan diameternya lebih kecil. Manfaat mikrofilamen yakni bertindak dalam gerakan sel, endositosis, serta eksositosis.

7. Peroksisom (Tubuh Mikro)

Kantong kecil berisi dengan enzim katalase yang sifatnya toksik berubah menjadi air serta oksigen yang membahayakan sel. Peroksisom banyak diketemukan di sel hati serta ginjal. Manfaat peroksisom ialah kurangi perokida (H2O2) dari sisa-sisa metabolisme toksik serta pergantian lemak berubah menjadi karbohidrat.

8. Mikrotubulus

Organ sel di sitoplasma yang diketemukan pada sel eukariot serta bersifat silindris panjang dengan diameter dalam lebih kurang 12 nm serta diameter luar 25 nm, mikrotubulus berbentuk kaku. Manfaat mikrotubulus yakni membuat perlindungan sel, bertindak dalam pembentukan flagella, silia, sentriol, serta berikan bentuk sel.

Artikel Terkait : pembelahan sel mitosis dan meiosis


9. Ribosom

Organ sel yang padat serta kecil berdiameter 2o n, yang terdiri atas 65% RNA ribosom (penyusun pokok ribosom) serta 35% protein ribosom (RNP) . Di sel ribosom terikat pada retikulum endoplasma kasar (REk) , atau membrane pokok sel. Manfaat ribosom ialah tempat berlangsungnya sintesis protein.

10. Sentriol

Sentriol adalah bersifat tabung yang dapat diketemukan di bagian sel eukariota, serta bertindak dalam pemisahan sel. Sepasang sentriol yang membuat susunan kombinasi dikatakan sentrosom. Sentriol berperan jadi proses pemisahan sel dalam membuat benang spindel serta bertindak membuat silia serta flagela.

11. Tubuh Golgi

Tubuh golgi atau apparatus golgi adalah organel yang disangkutkan dengan manfaat ekskresi sel serta bisa diketemukan di semua sel eukariotik serta ada manfaat ekskresi. Manfaat tubuh golgi yakni membuat vesikula (kantong) buat ekskresi, membuat membran plasma, membuat lisosom serta mengerjakan protein.

12. Nukleus

Pokok dari sel yang mengendalikan serta mengatur pekerjaan sel buat metabolisme ataupun ke pemisahan sel. Manfaat nukleus ialah tempat berlangsungnya replikasi, buat mengontrol reliabilitas gen-gen, mengatur pekerjaan gen dengan mengatur ekspresi gen, mengatur proses metabolisme dalam sel serta menyimpan kabar genetik.

13. Nukleolus

Nukleolus adalah wilayah yang ada di pokok sel (nukleus) yang bertanggungjawab pada pembentukan protein memakai RNA (Asam ribonukleat) . Manfaatnya bertanggungjawab dalam pembentukan protein.

14. Nukleoplasma

Cairan padat yang berada di dalam pokok sel (nukleus) mempunyai kandungan serat kromatin. Manfaatnya membuat kromosom serta gen.

15. Membran Pokok

Bagian struktural pokok nukleus yang membungkus keseluruhnya organel serta memisahkan di antara sitoplasma serta wilayah pokok. Manfaatnya jadi pelindung pokok sel (nukleus) serta tempat transisi zat di antara materi pokok serta sitoplasma.

Tersebut organel sel hewan bersama-sama manfaatnya. Perlu tahu sel hewan serta sel tumbuhan punyai karakter yang sama, akan tetapi punyai ketaksamaan.


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini