Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Ini Dia Fakta dan Alasan Dibalik Berkembangnya Kawasan Industri di Indonesia

kevinjoy     18/11/2019 - 16:17 PM     45x     0

Tidak dapat dipungkiri lagi pertumbuhan dan pergerakan ekonomi memang tak dapat lepas dari peranan industri dan bisnis. Kawasan industri di Indonesia sendiri telah berkembang pesat dalam kurun waktu 15 tahun ini. Wilayah Jababeka (Bekasi-Cikarang-Karawang) bahkan telah menjadi salah satu kawasan Industri Indonesia yang paling pesat perkembangannya. Dan kini, salah satu proyek perkembangan kawasan industri yang sedang di garap dan terus meluas adalah proyek kawasan industri CFLD

 

Tapi, sebelum kita berbicara lebih lanjut mengenai kawasan industri di Indonesia, ada beberapa fakta menarik yang tentunya sangat sayang apabila dilewatkan. Yuk, langsung saja kita baca artikelnya!

 

Jababeka Menjadi Kawasan Industri yang Berkembang Paling Pesat

 

Pengembangan kawasan industri kini menjadi perhatian utama pemerintah karena mampu mewujudkan pemerataan ekonomi ke seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian fokus memfasilitasi pengembangan kawasan industri yang dapat menarik investor baik dalam maupun luar negeri.

 

Terdapat berbagai kawasan industri yang berkembang di Indonesia, salah satunya adalah kawasan industri yang berada di koridor Timur Jakarta (Bekasi-Cikarang-Karawang) di mana telah berkembang dalam beberapa dekade ini.

 

Mayoritas industri yang berada di kawasan koridor Timur Jakarta ini berada di kawasan Jababeka Industrial Estate yang berada di kota mandiri modern Jababeka, Cikarang. Kota ini memiliki lahan seluas 5600 ha dan telah diperkenalkan sejak tahun 1989 sebagai kawasan industri dan teknologi yang mendunia serta bergengsi.

 

Menargetkan Delapan Kawasan Industri Beroperasi di Tahun 2019

 

Pesatnya pekembagan infrastruktur Indonesia, membuat Kementerian Perindustrian menargetkan delapan kawasan industri beroperasi di tahun 2019. Delapan kawasan industri itu terdiri dari Tanjung Buton, Landak, Lhokseumawe, Maloy, Ladong, Medan, Tanah Kuning, dan Bitung.

 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan delapan kawasan industri ini sudah bisa beroperasi karena sudah memasuki tahap konstruksi. Pembangunan kawasan industri ini diharapkan bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di luar Jawa. Disisi lain pemerintah juga sudah membangun kerjasama dengan para investor dan perusahaan kontraktor serta CFLD di Indonesia

 

Ada 10 Kawasan Industri yang Telah Beroperasi

 

Hingga November 2018 kemarin, Kementerian Perindustrian mencatat telah ada 10 kawasan industri yang beroperasi yakni Morowali, Bantaeng, Konawe, Palu, Sei Mangkei, Dumai, Ketapang, Gresik, Kendal, dan Banten.

 

Dari 10 kawasan industri ini merupakan bagian dari 23 kawasan industri yang masuk ke daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tercantum di dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

 

Perlu Kawasan Industri Khusus Mebel

 

Baru-baru ini Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) menyatakan pendirian kawasan ekonomi khusus berbasis industri mebel merupakan langkah yang baik untuk menarik pelaku industri dari China.

 

Namun, HIMKI menilai usaha tersebut tidak akan maksimal lantaran industri mebel membutuhkan kawasan industri yang tidak tercampur. Kawasan khsusu mebel yang dimaksud adalah kawasan industri yang mengelilingi industri mebel dengan industri pendukung lainnya, seperti produsen lem, mebel, hingga fitting mebel. Menurut himpunan ini kawasan industri tersebut dapat meningkatkan jumlah pelaku lokal dan global untuk masuk.

 

Selain itu, kawasan industri khusus mebel menyarankan agar ‘menyendirikan’ kawasan industri yang sesuai dengan jenisnya. Pelaku industri mebel global akan terlebih dahulu membandingkan semua insentif yang diberikan setiap negara, mulai dari insentif pajak hingga bahan baku.

 

Kawasan Industri Mayoritas Masih di Pulau Jawa

 

Ignatius Warsito, Direktur Perwilayahan Industri Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian mengatakan bahwa pertumbuhan kawasan industri yang kini kita rasakan tak lepas dari perkembangan infrastruktur.

 

"Baik kawasan industri yang di Jawa maupun di luar Jawa mengalami pertumbuhan dengan adanya percepatan pembangunan sarana dan prasarana pendukung seperti bertambahnya akses jalan, pelabuhan dan bandara juga demikian pembangunan waduk dan energi seperti gas, listrik," Ujar Ignatius Warsito yang dikutip dari Kontan.co.id

 

Walau begitu, ia mengakui kawasan industri operasional mayoritas masih berada di Jawa dengan luas 35.376,89 ha atau setara 56%. Karenanya, dari pemerintah sendiri berupaya melakukan pemerataan dengan mendorong pengembangan kawasan industri di luar Pulau Jawa dengan kawasan ekonomi khusus berbasis industri.

 

Itulah beberapa fakta kawasan industri di Indonesia. Perlu kita ketahui, infrastruktur adalah salah satu cara untuk menggenjot kawasan industri di Indonesia. Dengan berkembangnya daerah industri, akan membuka banyak peluang kerja baru untuk seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, dukung terus infrastruktur Indonesia yang terus maju, ya. 

Lihat juga : http://www.constructionplusasia.com/id/cfld-international-dan-samanea-kembangkan-pusat-perbelanjaan-tnic/


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini