Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Cara Alami Mengobati Mata Minus

positifsehat     05/11/2019 - 10:35 AM     47x     0

Untuk anda yang mempunyai mata minus dan mungkin anda sering terganggu dengan masalah penghilatan, tenang saja sekarang sudah ada cara alami yang bisa mengobati mata minus anda. Mata minus adalah kondisi dimana kita tidak dapat melihat objek secara optimal. Minus pada mata ini bisa dibedakan menjadi 2 macam yaitu rabun jauh (Miopi) dan rabun dekat (Hipermetropi).

Rabun jauh atau istilah medisnya adalah miopi yaitu keadaan diman mata kita tidak dapat melihat objek dengan jarak yang jauh, begitu juga kebalikannya dengan rabun dekat (Hipermetropi) mata kita tidak akan dapat melihat objek pada jarak normal (30cm) sehingga kita harus menjauhkan objek baru kita bisa melihatnya.

Penyebab Mata Minus:

  • Factor genetis atau keturunan

Sebagian besar kasus mata minus ini bisa disebabkan oleh keturunan dari orang tua, akan tetapi tidaklah tidak mungkin untuk bisa menyembuhkan mata kita.

  • Kebiasaan buruk

Penyebab mata kita normal atau tidak itu bisa ditentukan dengan kebiasaan kita sehari-hari. Misalnya: kebiasaan membaca sambal tiduran, membaca ditempat yang cahayanya kurang, melihat media visual seperti computer, televisi, gadget dalam waktu yang lama dan dengan jarak dekat.

  • Pola makan yang tidak sehat

Kebiasaan makan-makanan yang tidak mengandung vitamin A dapat mempercepat kerusakan pada mata kita.

Cara Alami Mengobati Mata Minus:

  • Pada saat kita sedang bangun tidur, mulailah dengan melihat objek atau pemandangan dengan jarak yang jauh selama 5 hingga 10 menit. Cara ini dapat meningkatkan focus penglihatan kita. Cara ini juga dapat dilakukan berbarengan dengan stretching atau peregangan tubuh untuk memperlancar aliran darah.
  • Lakukan olahraga mata yaitu dengan menggerakan bola mata kita ke atas kemudian Gerakan bola mata kita sesuai dengan arah jarum jam dan sebaliknya, masing-masing 5 kali sehari.
  • Ambilah pulpen kemudian letakan didepan mata kita dengan jarak kurang lebih 30 cm, fokuslah kepada pulpen tersebut, kemudian gerakkan pulpen tersebut hingga jarak kurang lebih 10 cm dan kembali ke jarak 30 cm, lakukan hal tersebut selama 10 kali.
  • Pijatlah mata kita, mulailah dari pelipis, lakukan dengan jari kita dengan 20 kali Gerakan memutar searah jarum jam. Setelah itu pindahkan jari kita ke bagian tengah alis dan ulangi Gerakan memutar, dan yang terakhir tempatkan jari-jari kita tepat dibwah mata, pijatlah dengan lembut daerah mata ini untuk mengakhiri olahraga mata.
  • Apabila mata mulai terasa Lelah, potonglah mentimun dan letakanlah pada mata kita sambal berbaring ditempat yang nyaman selama 5-10 menit, cara ini dapat mengembalikan kesegaran mata kita.
  • Konsumsilah sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin A dan Vitamin C, seperti: wortel, brokoli, bayam, toma, dan lain-lain.

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah rajinlah periksakan mata kita ke optic mata terdekat. Tentunya hal ini wajib dilakukan setahun sekali karena selain kita bisa memeriksakan mata dan berkonsulyasi mengenai tingkat minus mata kita.

KLIK SELENGKAPNYA!


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini