Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Beginilah Konsep "Monozukuri" Tepat Diterapkan Hadapi Persaingan di MEA

steven99     10/03/2019 - 02:05 AM     1197x     0

Menambah mutu sdm (SDM) serta daya saing proses produksi di Indonesia adalah kiat khusus yang wajib dilaksanakan golongan industri nasional dalam hadapi perebutan di jaman Warga Ekonomi ASEAN (MEA) . Kiat berikut ini yg sejauh ini dipraktekkan oleh golongan industri Jepang yg tertuang dalam rencana budaya Monozukuri serta Hitozukuri jadi satu diantaranya factor partisan kesuksesan industri Jepang beradu di ajang usaha serta eksis sampai turun mengalami penurunan.

Hal semacam itu dikemukakan Ketua Umum Perhimpunan Pertemanan Indonesia Jepang (PPIJ) Rachmat Gobel dalam simposium yg mengenalkan rencana budaya Monozukuri serta Hitozukuri yg tambah maju di golongan akademisi serta pemangku keperluan yang lain, terutama buat menyediakan SDM Sektor Industri yg kokoh serta berkemampuan saing di saat lain kesempatan.

Simak Juga : profil negara ASEAN

Menurut Rachmat, nilai bertambah tinggi serta daya saing bangsa sangatlah ditetapkan oleh mutu serta produktivitas sdm. “Adagium people before product ini mesti kita contoh, buat jadikan paradigma membuat kapabilitas daya saing industri nasional. Kita mesti sama sama isikan, menambah produktivitas buat berperan untuk perkembangan ekonomi, " kata Rachmat di Jakarta, Sabtu (19/12) dalam simposium yg digelar oleh organisasi alumni Jepang Asia (ASJA) , konsul alumni Jepang ASEAN (SCOJA) , dan perhimpunan alumni dari Jepang (Persada) seperti diungkapkan dalam tayangan wartawan ke SP, Minggu (20/12) .

“Penyelenggaraan simposium ini sangatlah pas, lantaran kita bakal hadapi warga ekonomi ASEAN, ” kata Rachmat. Monozukuri serta Hitozukuri ini udah bisa dibuktikan berubah menjadi satu diantaranya factor yg beri dukungan kesuksesan Jepang dalam membuat ekonomi serta masyarakatnya sampai saat ini.

Dalam simposium ini dipresentasikan rencana industri 4. 0 oleh nara sumber dari Nikkei Automotive, Tatsuhio Hayashi.

Diterangkan, rencana Monozukuri mulai dipopulerkan oleh wadah sejak mulai tahun 90-an. Monozukuri datang dari kata “mono” bermakna produk atau barang, serta “zukuri” yg bermakna proses pembuatan atau penciptaan. Umumnya dalam penuturan sesehari disebut jadi produksi atau manufacturing. Tetapi, rencana ini mempunyai kandungan arti yg makin lebih luas dari makna harafiahnya. Kata majemuk itu mengatakan kepemilikan spirit mencipta serta menghasilkan beberapa produk unggul, dan kapabilitas buat dengan cara tiada henti menyempurnakan proses serta sistem produksinya.

Wawasan Monozukuri kebanyakan diibiasanya disertai dengan Hitozukuri, datang dari kata “hito” bermakna manusia serta “zukuri” yg bermakna proses penciptaan atau produksi. Lewat kata beda Monozukuri serta Hitozukuri mempunyai kandungan arti industri yg kuat serta berkemampuan saing cuma mungkin tumbuh apabila manusia bersumber daya pengetahuan serta technologi, yg punyai daya kreatif serta inovatif jadikan pilar khusus proses produksi barang serta layanan.

Pada kesempatan saat ini diungkapkan juga rahasia perusahaan Jepang hadapi bisa bertahan, bahkan juga sampai 500 tahun, seperti perusahaan minuman sake di propinsi Yamanashi yg saat ini udah di pimpin oleh generasi ke 23.

Lihat Juga : pengertian MEA

Nyata-nyatanya rahasia keberhasilan mengontrol kelangsungan perusahaan terdapat pada kesadaran bakal utamanya mengerjakan aktivitas sosiall jadi ungkapan terima kasih terhadap warga. Hingga senantiasa mengusahakan mengontrol serta menambah mutu produksinya dari kian waktu, biar terus digemari oleh konsumennya.


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini