Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu

Badan Perencanaan,Pembangunan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu

Sekilas Info
  • BAHAN PAPARAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN MUSRENBANG RKPD 2018 DAPAT DI UNDUH PADA MENU DOWNLOAD
  • MUSRENBANG RKPD 2018 AKAN DISELENGGARAKAN PADA TANGGAL 26 MARET 2018
  • VISI KABUPATEN MAHAKAM ULU 2016 - 2021 "MEMBANGUN MAHAKAM ULU UNTUK SEMUA: SEJAHTERA BERKEADILAN"

Begini Tafsir Bermimpi Bertemu dengan Ular Menurut Ibnu Sirin

aztour     13/11/2019 - 10:41 AM     43x     0

Mimpi memang kerap dihubung hubungkan dengan berbagai peristiwa yang akan terjadi pada kehidupan nyata, dimana bagi orang orang yang mempercayai klenik dan juga primbon jawa, maka mimpi sendiri biasanya banyak ditafsirkan sebagai pertanda bagi kehidupan sang pemimpinya, akan tetapi kegiatan mengenai kepercayaan seperti ini tentunya memang cukup berbahaya karena bisa masuk kedalam dosa syirik lho.

Baca juga: Mimpi Digigit Ular

Sebenanranya bahwa mengartikan sebuah mimpi bukanlah hal yang termasuk kedalam tindakan klenik, karena nabi yusuf sendiri terkenal karena selalu menafsirkan berbagai mimpi. Didalam ajaran Islam sendiri mimpi ternyata digunakan sebagai pengukur kejujuran seseorang, semakin jujur seseorang maka akan semakin benar mimpinya, ini juga berdasarkan ajaran dan juga sabda Nabi Muhammad SAW.

إِذَا اقْتَرَبَ الزَّمَانُ لَمْ تَكَدْ رُؤْيَا الْمُؤْمِنِ أَنْ تَكْذِبَ وَأَصْدَقُهُمْ رُؤْيَا أَصْدَقُهُمْ حَدِيثًا وَالرُّؤْيَا ثَلاَثٌ فَالرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ بُشْرَى مِنَ اللَّهِ وَالرُّؤْيَا تَحْزِينٌ مِنَ الشَّيْطَانِ وَرُؤْيَا مِمَّا يُحَدِّثُ بِهِ الْمَرْءُ نَفْسَهُ فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مَا يَكْرَهُ فَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ وَلاَ يُحَدِّثْ بِهَا النَّاسَ

“Apabila telah dekat waktunya (hari kiamat) hampir saja mimpi orang yang beriman tidak akan berdusta. Yang paling benar mimpinya adalah orang yang paling jujur ucapannya. Mimpi itu ada 3, mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah, mimpi yang buruk yang berasal dari setan dan mimpi yang berasal dari diri manusia sendiri, maka apabila salah satu dari kalian memimpikan sesuatu yang dibenci hendaklah ia bangun sholat dan tidak menceritakannya kepada orang lain.” (HR. Abu Dawud, al-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad bin Hanbal, al-Thabarani, dan al-Hakim)

Muhammad Ibn Sirin (w.110 H) pernah menulis sebuah kitab yang berjudul Tafsir al-Ahlam, kitab yang memuat tentang kumpulan mimpi-mimpi dan cara memahaminya. Ibnu Sirin menyebut bahwa mimpi yang benar itu ada dua macam; pertama adalah mimpi benar yang tidak membutuhkan penafsiran karena telah jelas tergambar dalam mimpi; dan kedua adalah mimpi yang membutuhkan penafsiran karena ia mengandung hikmah dan makna lain di luar yang dilihat dalam mimpi.

Adapun jika seseorang mengalami mimpi bertemu dengan seekor ular, maka bisa menjadi sebuah simbol dimana ia bisa berarti sebagai musuh, seorang perempuan atau anak dan juga sumber kehidupan lainnya.


List Diskusi

Tidak ada diskusi di topic ini