Rapat Koordinasi Teknis (RAKORTEK) Percepatan Pembangunan Kawasan Perkotaan Kabupaten Mahakam Ulu


UJOH BILANG – Dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mahakam Ulu, maka melalui Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu akan segera melakukan pembangunan sarana Pusat Perkotaan, Kawasan Perkantoran serta Rumah Sakit Pratama yang sudah dibangun di  Ujoh Bilang dan Datah Dawai. Dalam pertemuan rapat yang diselenggarakan pada hari Selasa (14/11/2017) di ruang rapat I BP4D Kabupaten Mahakam Ulu yang dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah beserta beberapa kepala SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu. Rapat tersebut dipandu oleh Yohanes Avun (Sekda Kab. Mahulu) yang menjadi moderator dalam pelaksanaan rapat.

Dalam arahan yang diberikan oleh Bonifasius Belawan Geh (Bupati Mahulu) tentang Percepatan Pembangunan khusunya di Kawasan Pusat Ibu Kota Kabupaten untuk mengutamakan infrastruktur seperti Jalan, Pusat Perkantoran dan Rumah Sakit. Terkait hal ini Bapak Bupati Mahakam Ulu mengharapkan ada target untuk percepatan peembangunan, serta dilakukan perencanaan yang matang, dokumen-dokumen terkait rencana pembangunan TA. 2018 dipersiapkan dengan baik sehingga dapat dilakukan Lelang Dini guna mempercepat pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mahakam Ulu.

Selain itu, Y. Juan Jenau (Wabup Mahulu) dalam rapat menyampaikan arahan terkait daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Mahakam Ulu yang telah berjalan selama 2 tahun, untuk pembangunan infrastruktur dasar dapat terbangun dengan baik, dan tahun ini diharapkan Rumah Sakit Pratama dapat diselesaikan 100% sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri dalam acara evaluasi DOB.

Disamping itu juga, Stephanus Madang (Kepala BP4D Kab. Mahulu) memaparkan tentang rencana teknis pembangunan infrastruktur Kawasan Perkotaan, Pembangunan dan Peningkatan Jalan batas Kubar-Ujoh Bilang, Kawasan Perkantoran Pemkab Mahulu, Pembangunan Peningkatan dan Pengembangan Kelistrikan serta Jaringan Air Bersih, Peningkatan Kawasan Permukiman dan Penjelasan Master Plan Kawasan Perkantoran di Ujoh Bilang kecamatan Long Bagun sebagai pendukung rencana teknis pembangunan infrastruktur. Rencana teknis Percepatan Pembangunan kepala BP4D menegaskan kembali agar percepatan pembangunan fisik segera diselesaikan. Hal ini terkait dengan administrasi pengamanan  lahan, sertifikasi lahan perlu diselesaikan secepatnya, dikesempatan yang sama juga menyarankan agar dibentuknya Tim Percepatan Pembangunan agar terciptanya koordinasi dan kontrol dengan institusi yang saling terkait agar rencana percepatan pembangunan di Kawasan Perkotaan Kabupaten Mahakam Ulu dapat berjalan dengan baik dan rampung sesuai dengan Program Prioritas Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mahakam Ulu. (P4KP)