Pemkab Mahulu Mengadakan Rapat Pimpinan (RAPIM) Lintas SKPD


UJOH BILANG – Dalam Rangka koordinasi antar SKPD di Kabupaten Mahakam Ulu, guna  mencapai target pembangunan dan pelaksanaan kegiatan pemerintah di Tahun 2017, maka diadakan Rapat Pimpinan (RAPIM) seluruh SKPD di Kab. Mahakam Ulu yang diselenggarakan Rabu (15/11/2017) di ruang Logistik Point BKPP Kabupaten Mahakam Ulu Dihadiri oleh Bapak Bupati, Sekretaris daerah dan Asisten I Kabupaten Mahakam Ulu serta jajaran pimpinan SKPD di lingkungan Kab. Mahakam Ulu. Rapat tersebut dibuka oleh Lilik Yohanes Peng (Asisten I Bagian Pemerintahan) dan dipandu oleh Bapak Yohanes Avun (Sekda Kab. Mahulu) yang bertugas sebagai moderator pada rapat kali ini.

Dalam Pembukaan rapat yang disampaikan oleh Asisten I, Pemkab. Mahulu sebagai satu kesatuan yang bekerja sama dalam menjalankan pemerintahan perlu menata informasi sebagai sumber data agar SKPD yang  saling terkait dapat bekerjasama dan berkoordinasi dengan baik serta dapat menjalankan sistem pemerintahan yang berkualitas. Dalam kesempatan yang sama Bapak Bonifasius Belawan Geh (Bupati) juga memberikan arahan kepada seluruh jajaran SKPD untuk mempersiapkan laporan keuangan yang baik guna memenuhi kewajiban kita untuk meningkatkan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang diberikan oleh BPK RI. Dalam rapat juga akan didengarkan progres beserta kendala dari masing-masing OPD dalam pelaksanaan program kegiatan di tahun 2017, hal ini juga dimaksudkan untuk mencari solusi dalam menyelesaikan program tersebut serta melihat program yang mana yang dapat dijadikan prioritas selanjutnya dan dapat dilaksanakan di tahun 2018.

Pada rapat pimpinan juga disampaikan progres masing-masing OPD dalam sistem pelaporan online oleh Stephanus Madang (Kepala BP4D) melalui program TEPRA (Tim Evaluasi dan Penyerapan Anggaran) melalui pemaparan yang diberikan masih ada beberapan OPD atau Bagian Pemerintahan yang progresnya masih dibawah 50%, hal ini juga menjadi bahan diskusi untuk dicarikan solusinya bersama-sama agar program kegiatan yang dilaksanakan dapat terselesaikan dan jika ada kendala dengan OPD lain yang terkait dapat didukung sehingga dapat dituntaskan dan penyerapan anggaran menjadi maksimal. Namun ada kendala lain juga dalam sistem pelaporan online tersebut, terkait jaringan yang dibeberapa OPD tidak dapat menginput data dengan maksimal sehingga terkendala tidak masuknya progres dalam sistem pelaporan online.

Sebagai penutup Bupati menyampaikan arahan agar segera menyelesaikan program yang sudah berjalan di Tahun 2017 sehingga bisa mendapatkan opini WTP dari BPK dengan laporan keuangan yang baik dari masing-masing SKPD dan juga mempersiapkan segala kebutuhan untuk program-program kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2018 lewat proses lelang dini, agar pembangunan di Kabupaten Mahakam Ulu dapat berjalan lebih cepat sehingga target pembangunan dapat tercapai. (P4KP)