Mengejar Kemajuan, Mahulu perlu terus memperluas Bidang Kerjasama


Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH, menyampaikan sambutan, Saat menandatangi Perjanjian Kerjasama dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH berharap kerjasama ini dapat lebih diperluas bukan hanya semata pada bidang pendidikan dengan program beasiswanya, namun bisa juga bidang penelitian, pengabdian masayarakat serta bidang-bidang lain, yang memang potensinya sangat luas di Mahulu.

Hal ini disampaikan Bupati saat berdiskusi terkait Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Mahulu dengan pihak Universitas Atma Jaya, di Ruang Rapat Rektorat Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Senin (5/8/2019).

Berkaitan dengan hal tersebut Kepala Bapelitbangda Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,MM menyampaikan kerjasama ini ada tiga hal mendasar yang tercakup didalamnya, yaitu Pendidikan, Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sejauh ini memang yang sudah terlaksana adalah masih dalam konteks pendidikan artinya melalui program beasiswa-beasiswa yang merupakan program unggulan Pemkab Mahulu guna menggenjot Sumber Daya Manusia di Mahulu.

“Jadi tentunya kita sepakat sesuai dengan arahan Bupati Mahulu selaku kepala daerah, dalam kerjasama ini jangan terikat cuman satu bidang saja, namun apabila langsung mencakup kerjasama bidang lainnya yang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan didaerah,”ucapnya.

Ia membeberkan, ada dua hal yang memang belum tersentuh yaitu dalam bidang peraktek penelitian, kajian baik dalam perencanaan jangka pendek, menengah dan jangka panjang, yang nantinya bisa menjadi refrensi bagi pengambil kebijakan di daerah. Dan juga yang belum tersentuh juga seperti pengabdian masyarakat.

“Jadi nanti sesuai dengan tupoksi kami, terutama dalam kontek penelitian yang diharapkan nantinya bisa menjawab permasalahan-permasalahan yang terjadi di Mahulu. Dari bidang pengabdian masyarakat, maka dari itu kedepan kita berharap nanti ada kerjasama bidang ini dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), tinggal kita lihat polanya bagaimana agar ini benar-benar bermanfaat bagi perkembangan pembangunan di Mahulu,”ungkapnya.

Ditambahkan oleh Kepala Diskominfo, Statistik dan Persandian Nasution Himbau Djaang, SE sangat berharap akan ada kerjasama bidang Informasi dan Teknologi (IT), guna mengisi tenaga IT yang berasal dari Kabupaten Mahulu. Mengingat jaman sekarang ini IT sangat berkembang pesat.

“Semoga juga kedepan kita bisa mengirimkan, beberapa Mahasiswa juga yang menuntut ilmu disini dengan disiplin ilmu tentang Informasi dan Teknologi (IT). kebetulan untuk Kabupaten Mahulu untuk saat ini sangat memerlukan tenaga IT,”ujarnya.

Sementara itu dalam waktu yang sama terkait dengan segala bentuk upaya yang dilakukan oleh Pemkab Mahulu, dalam memajukan pembangunan di Mahulu, terutama dalam bidang pendidik pengembangan SDM Ketua Komisi III DPRD Weni sangat mengapresiasi.

“Semoga kerjasama yang sudah kita lakukan ini, kedepan bisa lebih baik dan bisa meningkatkan kualitas SDM di Mahulu, dalam upaya kita membangun wilayah Kabupaten Mahulu,”harapnya. (hms8).

Sumber : http://humas.mahakamulukab.go.id/index.php/2019/08/07/mengejar-kemajuan-mahulu-perlu-terus-memperluas-bidang-kerjasama/