BUPATI KABUPATEN MAHAKAM ULU BUKA MUSRENBANG, HARAPANNYA PENINGKATAN SEKTOR KETAHANAN PANGAN, PARAWISATA DAN INFRASTRUKTUR DI PRIORITASKAN


By Yulita Luaq | Senin, 25/03/2019

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, menyampaikan arahannya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( MUSRENBANG) Tahun Anggaran 2020.

 

Ujoh Bilang-Senin (25/3/2019) di Lamin  Adat Kampung Ujoh Bilang. Badan Perencanaan, Pembangunan, dan Penelitian Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu  mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan sebagai tahapan untuk menyelaraskan, mengklarifikasi, mempertajam dan menyepakati prioritas pembangunan/program/kegiatan daerah.

Musrenbang ini di hadiri Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Ketua DPRD Kabupaten Mahakam Ulu, Bupati Mahakam Ulu, Sekretaris Kabupaten Mahakam Ulu dan seluruh Badan, Kepala OPD, Camat serta lembaga instansi vertikal lainnya.

Sebelum Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, SH membuka MUSRENBANG, Stephanus Madang selaku Kepala Bappelitbangda Kabupaten Mahakam Ulu mengatakan bahwa pelaksanaan MUSRENBANG adalah berdasarkan amanat UUD Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang mana tujuan Musrenbang Kabupaten adalah sebagai kesatuan sistem perencanaan setelah Musrenbang tingkat Kampung dan Tingkat Kecamatan.

 

Peserta Musrenbang yang dihadiri oleh seluruh Badan, Kepala OPD, camat dan organisasi masyarakat serta lembaga instansi vertikal lainnya.

           

Dalam Sambutan Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, dalam kesempatan itu juga mengatakan, sebagai beranda terdepan NKRI perbatasan pemerintah kabupaten mahakam ulu memikul tanggung jawab penuh untuk meningkatkan lajunya pertumbuhan ekonomi maka pelaksanaan berbagai jenis kegiatan harus dapat mengangkat tingkat kesejahteraan warga. Realitas perekonomian daerah kita ini sangat berpengaruh pada sektor pertanian dan perkebunan, perikanan, peternakan sehubungan dengan itu, kepada pimpinan OPD yang bertanggung jawab agar terus meningkatkan sektor yang berhubungan dengan peningkatan ekonomi Kabupaten Mahakam Ulu.

Masih Menurut Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh menyampaikan bahwa MUSRENBANG ini di harapkan, bahwa fokus pada sumber ketahanan pangan harus diprioritaskan, selain itu sektor parawisata untuk meningkatkan perencanaan dan usulan berbasis Kampung, dengan melihat nilai-nilai culture di setiap kampung yang dapat menjadi potensi obyek wisata contohnya meningkatkan ketrampilan masyarakat, serta memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang menjadi ujung tombak lajunya pertumbuhan perekonomian Kabupaten Mahakam Ulu. 

 

(yl/yl)