BP4D menggelar Sosialisasi dan Penginputan Aplikasi SIMONTEPRA TA.2017


UJOH BILANG - Dalam rangka melaksanakan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 Tahun 2015 tentang Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Untuk peningkatan dan optimalisasi pelaporan realisasi anggaran dan program pemerintah kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Mahakam Ulu agar menyampaikan segala dokumen dan data yang diperlukan pada Aplikasi SIMONTEPRA.

Aplikasi SIMONTEPRA adalah aplikasi Sistem Informasi Monitoring Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran berbasis Web (Web based) yang fungsinya sebagai sarana/alat untuk Pelaporan TEPRA. SIMONTEPRA akan mempermudah PA/KPA/PPTK dalam melaporkan realisasi anggaran pada setiap SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu.

Laporan realisasi anggaran dan program kegiatan yang disampaikan merupakan Laporan Realisasi Fisik dan Keuangan SKPD per - bulan Form A, Form B, Form C dalam bentuk (Hardcopy dan Softcopy) yang kemudian diserahkan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) C.q Bidang Perencanaan, Pengendalian Pembangunan, Penelitian dan Kerjasama Pembangunan (BP4KP) Kabupaten Mahakam Ulu paling lambat 5 (lima) hari setelah bulan berkenaan berakhir. Setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat mengakses website SIMONTEPRA dengan alamat: http://tepra.mahulukab.id. Data yang perlu diinputkan pada website SIMONTEPRA berupa Menu Data Dasar, Format Utama, Pantau Lelang, Pantau Realisasi dan Kendali Kegiatan Strategis. Waktu penginputan kedalam website SIMONTEPRA dilakukan setiap bulan paling lambat 7 (tujuh) hari kerja setelah bulan berkenaan berakhir.

Kegiatan Sosialisasi dan Penginputan Aplikasi SIMONTEPRA berbasis Website Tahun Anggaran 2017 dilaksanakan terhitung mulai tanggal 26 s/d 28 April 2017, pukul 09.00 Wita, bertempat di ruang rapat BP4D Kabupaten Mahakam Ulu. Selain itu juga, kegiatan ini dihadiri oleh pejabat penghubung dan operator masing-masing SKPD sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan diharapkan nantinya dalam penginputan Aplikasi SIMONTEPRA dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam penyampaian pelaporan Realisasi Fisik dan Keuangan masing-masing SKPD. (BP4D/P4KP)