BAPPELITBANGDA MAHAKAM ULU GELAR FORUM ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD)


By Yulita Luaq | Maret, 13 2019 18:00 WIB

Forum Organisasi Perangkat Daerah yang dihadiri Wakil Bupati Mahulu Drs. Y. Juan Jenau, dan Sekretaris Daerah Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si di Ruang Rapat I Bappelitbangda Kabupaten Mahakam Ulu.

 

UJOH BILANG (13/3) - Badan Perencanaan, Penelitian Pembangunan Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu mengadakan Rapat Forum Diskusi Organisasi Perangkat Daerah. “Forum OPD tersebut membahas, mengsinkronkan dan mempertajam usulan Kecamatan yang merupakan hasil Musrenbang Kecamatan dengan rencana kerja badan, dinas, kantor dan bagian di daerah”. Ungkap Sekretaris Bappelitbangda Mahakam Ulu Samson Batang saat membuka kegiatan. 

Menurut Bapak Rudi Warjono Kabid Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan, Penelitian dan Kerjasama Pembangunan (P4KP). “Forum Diskusi Organisasi Perangkat Daerah sangatlah penting dilaksanakan, sebagai sinkronisasi agar kegiatan dan program kerja perangkat daerah dapat berjalan secara maksimal di lingkungan Kabupaten Mahakam Ulu, dengan melihat usulan-usulan dari Kampung hingga di tingkat Kecamatan. Berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah di amanatkan pelaksanaan forum perangkat daerah sebagai wadah penampung dan penjaringan aspirasi masyarakat dengan mengacu Tema tahun 2020 “.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mahakam Ulu Yohanes Avun juga mengatakan bahwa tujuan forum OPD tersebut intinya penyamaan presepsi terutama terhadap peraturan yang baru dalam rangka melakukan sinergitas kepada OPD-OPD.

 “Dalam rangka penyelarasan ini ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan dan perhatian kita adalah hasil Musrenbang pada tingkat Kampung dan Kecamatan, karena MUSRENBANG tingkat kampung dan kecamatan adalah hasil musyawarah yang meyangkut kebutuhan masyarakat dan OPD harus mengakomodir kegiatan yang di usulkan dari tingkat kampung dan kecamatan,” Ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Mahakam Ulu Yohanes Avun.

Selain itu Wakil Bupati Kabupaten Mahakam Ulu Drs. Y. Juan Jenau juga mengatakan bahwa OPD harus berkomitmen dan siap mengikuti perubahan-perubahan terhadap regulasi yang sering berubah, dan perencanaan pembangunan harus berdasarkan aturan yang berlaku yang mengacu pada RPJMD agar mencapai visi 5 (lima) tahun Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

 

(yl/yl)