50 Tahun Seputan Kehan dan Mongosang Seputan Kehen


Semangat Juang Para Leluhur tak Termakan Globalisasi

LONG PENANEH - BUPATI Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH menghadiri dan membuka acara 50 Tahun Seputan Kehan dan Mongosang Seputan Kehan Kampung Long Penaneh I,II,III di Long Muntai pada 12 Juni lalu.

Dalam acara adat 50 Tahun Seputan Kehan dan Momosang Seputan Kehan, Bupati memberikan arahan yang dapat menjadi perhatian bersama sesuai tema adat Mongosang, yakni dengan semangat syukuran 50 tahun ditingkatkan solidaritas, persatuan dan kesatuan untuk membangun seputan sejahtera berkeadilan sesuai semangat jung leluhur.

“Kita tingkatkan semangat juang para leluhur terdahulu tidak termakan arus globalisasi yang semakin pesat. Mari memperkuatkan sinergi antara masyarakat Seputan Kahen maupun masyarakat lainnya dan bagi seluruh lapisan masyarakat baik anak-anak maupun pemuda. Mari kita bersama-sama memberikan kontribusi positif, jauhi sikap anarkis dan tindakan yang tidak terpuji yang dapat menimpulkan kekacauan selama acara berlangsung yang dapat merusak fasilitas umum yang disediakan,” ujar Bupati

Diharapkan, acara adat dengan penuh penghayatan agar berjalan dengan baik. “Saya mengharapkan kita semua dapat mengikuti upacara adat ini dengan baik sehingga dapat mengukir sejarah serta menjadi pedoman kuat dan teladan yang baik bagi anak cucu kita dalam pelastarian adat dan budaya leluhur di Kabupaten Mahakam Ulu,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Camat Kecamatan Long Apari Y. Belareq Hujang Naniq menyampaikan acara tersebut dilaksanakan selama sembilan hari dengan sumber dana dari ADK Kampung Long Penaneh I, II, dan III dan bantuan masyarakat serta partisipasi pemerintah.

Turut mendampingi Bupati, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Mahulu, Koramil Long Apari, Kapolsek Long Apari, Camat Kecamatan Long Bagun serta Tokoh Adat, Petinggi dan perangkat Kampung Penaneh, I,II,II (HMS7)

Sumber : http://humas.mahakamulukab.go.id/index.php/2019/06/17/50-tahun-seputan-kehan-dan-mongosang-seputan-kehen/